Pengertian Skripsi Berdasarkan Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah STIKes Aisyah Pringsewu Tahun 2015


Coba Geh, Berdasarkan Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Aisyah Pringsewu, Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis mahasiswa pada akhir masa studinya pada Program Studi Ilmu Keperawatan, maupun Program Studi Diploma 4 Bidan Pendidik.

Skripsi ini merupakan salah satu syarat guna mencapai gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) pada Program Studi Ilmu Keperawatan dan gelar Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb).

Karya Ilmiah tersebut menunjukan kemampuan mahasiswa dalam segi metodologi penelitian maupun substansi keilmuan (Keperawatan maupun Kebidanan), dalam memahami suatu fenomena atau dalam upaya mengatasi suatu masalah kesehatan khususnya keperawatan dan kebidanan.

Apabila karya ilmiah tersebut bertujuan memahami suatu fenomena dari salah satu kekhususan dalam bidang keperawatan maupun kebidanan, maka skripsi tersebut akan menunjukkan penguasaan mahasiswa tentang substansi dan metodologi penelitian.

Untuk beberapa kekhususan (majoring) karya ilmiah ini menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam penelitian dasar atau terapan baik dilaboratorium, klinik atau di masyarakat.

Apabila karya ilmiah tersebut bertujuan mengajukan gagasan untuk mengatasi suatu masalah kesehattan khususnya keperawatan, maka skripsi ini akan menunjukkan pemahaman penulis tentang substansi yang dipilih dan kemampuan penalaran yang sistematis dalam mengidentifikasi dan menganalisis masalah serta memilih, menyusun dan menjelaskan langkah langkah dari pemecahan masalah secara rinci dan jelas.

Program Studi Ilmu Keperawatan skripsi mempunyai bobot 4 sks dengan waktu minimal 1 semester dan maksimal 1 tahun dengan lokasi penelitian dilaksanakan di tatanan pelayanan kesehatan atau kemasyarakatan.

Penelitian dilakukan dengan 2 tahap penilaian, penilaian pada seminar proposal dan penilaian pada seminar hasil penelitian. Program Studi Diploma 4 Bidan Pendidik skripsi mempunyai bobot 6 sks, dimana 2 sks pada pembuatan proposal penelitian dan 4 sks untuk penelitian.

0 Response to "Pengertian Skripsi Berdasarkan Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah STIKes Aisyah Pringsewu Tahun 2015"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2