Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi 1

Coba Geh, Berikut ini merupakan kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi ke satu yang terdiri dari lima buah soal dan pembahsannya. Pada contoh soal ini hanya terfokus pada keperawatan Gawat Darurat saja.

Silahkan simak contoh soal sekaligus pembahasan soal uji kompetensi ners keperawatan Gawat Darurat berikut dengan seksama dan teliti, dengan harapan anda mampu memahami karakter soalnya sehingga bisa memilih jawaban yang benar.

Harap jangan membuka kunci jawaban serta pembahasannya sebelum anda benar benar memilih pilihan jawaban yang menurut anda benar. Jika sudah mengerti, silahkan dimulai mengerjakan contoh soal uji kompetensi ners keperawatan Gawat Darurat Sesi satu berikut.

Contoh Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat

Soal Pertama

Perawat mendengar seorang klien meminta tolong, ia kemudian bergegas menuju ruang klien, dan menemukan klien terbaring di lantai. Perawat kemudian melakukan pemeriksaan, membantu klien naik kembali ke tempat tidur, memberitahukan kejadian tersebut kepada penyedia layanan kesehatan, dan melengkapi laporan kejadian. Pernyataan yang manakah yang harus didokumentasikan oleh perawat tentang kejadian tersebut?

A. Klien terjatuh dari tempat tidur.
B. Klien memanjat pengaman tempat tidur.
C. Klien ditemukan terbaring di lantai.
D. Klien gelisah dan berusaha turun dari tempat tidur.
E. Klien terjatuh saat hendak kembali ke tempat tidur.

Soal Kedua

Seorang klien dibawa ke unit gawat darurat oleh tim paramedis (emergency medical services/EMS) setelah ditabrak oleh sebuah mobil. Nama klien belum diketahui, dan klien tersebut menderita cedera kepala berat dan patah tulang multipel, dan kehilangan kesadaran. Tindakah kraniotomi darurat harus dilakukan. Berkaitan dengan aspek informed consent untuk prosedur pembedahan, manakah tindakan yang paling benar?

A. Mendapatkan keputusan pengadilan untuk tindakan pembedahan.
B. Meminta tim paramedis untuk menandatangani persetujuan tindakan.
C. Pindahkan korban ke ruang operasi untuk tindakan pembedahan.
D. Hubungi polisi untuk mengidentifikasi klien dan memberitahukan kepada keluarganya.
E. Membubuhkan fingerprint klien pada lembar informed consent.

Soal Ketiga

Perawat mengamati hasil gas darah arteri klien dan mencatat hasil sebagai berikut: pH 7,45, PCO2 30 mm Hg, dan HCO3- dari 20 mEq/L. Perawat menganalisis hasil dan mengindikasikan kondisi berikut di bawah ini?

A. Asidosis metabolik, terkompensasi
B. Alkalosis respiratorik, terkompensasi
C. Alkalosis metabolik, tidak terkompensasi
D. Asidosis respiratorik. tidak terkompensasi
E. Alkalosis respiratorik, tidak terkompensasi

Soal Keempat

Seorang klien datang ke IGD dengan riwayat 3 hari mual dan muntah. Klien mengalami hipoventilasi dan memiliki lalu pernapasan 10 x/menit. Monitor Elektrokardiogram (EKG) menunjukkan takikardia, dengan detak jantung 120 x/menit. Gas darah arteri diambil dan perawat melihat hasil, manakah hasil yang menunjukan kondisi klien?

A. pH menurun dan CO2 meningkat
B. Peningkatan pH dan CO2 menurun
C. Penurunan pH dan HCO3- menurun
D. Peningkatan pH dengan HCO3- meningkat
E. Peningkatan pH dan HCO3- yang normal

Soal Kelima

Perawat memeriksa hasil laboratorium untuk kadar serum digoxin yang diresepkan untuk klien pada hari sebelumnya dan mencatat hasilnya adalah 2,4 ng/mL. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan dengan segera?
A. Memonitor denyut nadi klien.
B. Memberitahu penyedia layanan kesehatan.
C. Mencatat nilai normal pada lembar catatan klien.
D. Mengelola dosis obat berikutnya sesuai jadwal.
E. Mendokumentasikan hasi temuan.


Apabila sudah yakin dengan jawab dari keempat contoh soal diatas, silahkan cocokkan dengan kunci jawaban berikut. Namun apabila belum yakin dengan jawaban dan ingin mencoba mengganti jawaban silahkan lakukan sebelum melihat kunci jawaban

Kunci Jawaban

Jawaban soal Pertama C

Jawaban soal kedua C

Jawaban soal ketiga B

Jawaban soal keempat D

Jawaban soal kelima B


Bagaimana dengan hasil dari mengerjakan kelima contoh soal diatas, apakah hasilnya sudah memuaskan atau masih perlu belajar lagi. jika masih belum memahami seperti apa bentuk soal dan apa saja penilaian soalnya silahkan baca baca dulu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners. dengan memahami terlebih dahulu poin penilaiannya semoga menjadi lebih baik pada saat mengerjakan soal UKners.

Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat

Berikut ini merupakan pembahasan contoh soal uji kompetensi ners dari nomor satu hingga nomor lima. Sebaiknya disimak kembali soal dan jawaban anda kemudian cocokkan dengan kunci jawaban dan pembahasan berikut ini.

#Pembahasan Soal Pertama

Jawaban Soal Pertama Adalah C
Rasional: Pelaporan kejadian harus lengkap terdapat nama, usia, dan diagnosis klien. Laporan harus tersusun atas deskripsi faktual tentang kejadian, cedera yang dialami, dan akibat yang ditimbulkan.

Pilihan jawaban yang tepat adalah satu-satunya yang menggambarkan fakta situasi yang diketahui perawat, Pilihan A, B, D, dan B adalah interpretasi kejadian dan bukanlah informasi faktual sebagaimana yang ditemui perawat.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek pendokumentasian kejadian, dan membaca informasi dalam pertanyaan untuk dapat memilih infomasi yang benar. Ingat, untuk fokus pada informasi faktual saat mendokumentasikan dan mencegah menuliskan interpretasi. Hal ini akan mengarahkanmu ke jawaban yang benar.

#Pembahasan Soal Kedua

Jawaban Soal Kedua adalah C
Rasional: Secara umum, ada dua situasi di mana persetujuan tindakan terhadap klien dewasa tidak diperlukan. Situasi pertama adalah keadaan gawat darurat, dan penundaan pertolongan akan mengakibatkan cedera lanjut atau kematian.

Situasi kedua adalah ketika klien telah menyerahkan pemasrahan atas dirinya untuk menyetujui semua tindakan yang diperlukan. Pilihan A akan menunda tindakan pada kondisi gawat darurat, dan pilihan B dan E terlihat tidak pantas dilakukan. Meskipun tindakan pada pilihan D mungkin dilakukan, tetapi hal ini bukanlah tindakan yang terbaik.

Strategi mengerjakan soal: Perlu dicatat kata kunci 'paling benar'. Perlu diingat bahwa saat kondisi darurat dan penundaan tindakan untuk meminta persetujuan akan menyebabkan kematian akan mengarahkan kepada jawaban yang benar.

#Pembahasan Soal Ketiga

Jawaban Soal Ketiga adalah B
Rasional: pH normal adalah 7,35 - 7,45. Dalam kondisi bernapas, efek berlawanan akan terlihat pada pH dan PCO2 tersebut. Dalam situasi ini, pH lebih tinggi dari nilai normal dan PCO2 rendah. Dalam kondisi alkalosis, pH tinggi.

Oleh karena itu nilai-nilai yang diidentifikasi dalam pertanyaan menunjukkan bahwa alkalosis respiratorik terkompensasi oleh ginjal melalui ekskresi ginjal bikarbonat. Karena pH telah kembali ke nilai normal, kompensasi telah terjadi.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek. hasil gas darah arteri. Ingat ketidak seimbangan pernapasan, Anda akan menemukan respons yang berlawanan antara pH dan PCO2 seperti ditunjukkan dalam pertanyaan.

Oleh karena itu, Anda dapat menyingkirkan pilihan yang mencerminkan masalah metabolik primer. Juga, ingat bahwa pH meningkat dalam kondisi alkalosis dan kompensasi dapat dibuktikan dengan pH normal. Pilihan yang benar mencerminkan kondisi alkalosis respiratorik dan terkompensasi serta menggambarkan nilai-nilai gas darah seperti yang ditunjukkan dalam pertanyaan.

#Pembahasan Soal Keempat

Jawaban Soal Keempat adalah D
Rasional: Klien yang mengalami mual dan muhtah kemungkinan besar teri adi alkalosis metabolik akibat hilangnya asam lambung, sehingga menyebabkan pH dan HCO3- meningkat. Gejala yang dialami oleh klien meliputi hipoventilasi dan takikardia.

Pilihan A mencerminkan kondisi asidosis respiratorik. Pilihan B mencerminkan kondisi alkalosis respiratorik, dan Pilihan C mencerminkan kondisi asidosis metabolik. Pilihan E mencerminkan alkalosis respiratorik, tidak terkompensasi.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek. hasil gas darah arteri. Catatan data dalam pertanyaan adalah klien muntah. Ingat kembali bahwa muntah kemungkinan besar menyebabkan alkalosis metabolik, akan membantu Anda mengarahkan untuk pilihan yang benar.

#Pembahasan Soal Kelima

Jawaban Soal Kelima adalah B
Rasional: Rentang terapi normal untuk digoxin adalah 0,5-2 ng/mL. Level 2,4 ng/mL adalah melebihi kisaran terapeutik dan menunjukkan toksisitas. Perawat harus memberitahukan penyedia layanan kesehatan tentang dosis lanjut digoxin.

Pilihan yang mengindikasikan nilai normal pada lembaran catatan klien adalah salah karena nilai yang ada adalah tidak normal. Dosis berikutnya sebaiknya tidak diberikan karena tingkat serum digoxin melebihi kisaran terapeutik.

Pemeriksaan denyut nadi klien terbatas dalam situasi ini. Tergantung pada waktu akhir saat pengkajian, status pengkajian klien saat ini lebih berguna.

Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata strategis 'segera’. Untuk memilih dengan benar, Anda harus terbiasa dengan rentang terapi pengobatan dan perhatikan bahwa kadar 2,4 ng/mL adalah kondisi toksisitas, ini akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.

Dari kelima contoh soal keperawatan Gawat Darurat pada Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) diatas, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan soal secara jujur ada berapa yang anda jawab benar dan ada berapa yang anda jawab salah. Silahkan berikan jawaban anda di kolom komentar ya...

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2