Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Komunitas Sesi 1


Coba Geh, Berikut ini adalah kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Komunitas. Pada contoh soal Ukom Ners Ini fokus pada materi Keperawatan Komunitas, kompetensi soal lebih mengarah ke pelayanan profesional pada masyarakat.

Silahkan simak contoh soal sekaligus pembahasan soal uji kompetensi ners keperawatan komunitas berikut dengan seksama dan teliti, dengan harapan anda mampu memahami karakter soalnya sehingga bisa memilih jawaban yang benar.

Harap jangan membuka kunci jawaban serta pembahasannya sebelum anda benar benar memilih pilihan jawaban yang menurut anda benar. Jika sudah mengerti, silahkan dimulai mengerjakan contoh soal uji kompetensi ners keperawatan komunitas berikut.

Contoh Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Komunitas

Soal Pertama

Seorang perawat melakukan pemeriksaan neurologis terhadap seorang klien dan menyatakan bahwa hasilnya klien tersebut Romberg's positif. Hasil pengamatan manakah yang digunakan perawat untuk menentukan hasil Romberg's positif?
A. Gerakan bola mata yang tidak terkendali ritmis, cepat, dan berkedut.
B. Dorsofleksi pergelangan kaki dan ibu jari kaki, diikuti gerakan mengipas iari-iari kaki yang lain.
C. Klien cenderung berayun dan limbung, tidak dapat berdiri tegak dengan tangan lurus di samping tubuh dan kedua mata tertutup.
D. Klien tampak kebingungan ketika diminta untuk mengarahkan lengan dan tangan ke titik yang ditunjukkan perawat.
E Menekuk kedua kaki penuh sehingga panggul dan lutut mendekat ke badan, dan klien mengeluh nyeri pada sepanjang area tulang belakang saat kedua kaki diluruskan

Soal Kedua

Perawat mendokumentasikan bahwa irama pernapasan klien menunjukkan Pola napas Cheyne-Stokes. Pada saat Pemeriksaan terhadap klien, temuan yang manakah yang harus dicatat oleh perawat?
A. Irama napas yang disertai periode apnea.
B. Kesulitan bernapas, pola napas yang cepat dan dalam.
C. Pola napas yang tidak teratur, baik irama dan kedalamannya.
D. Pola napas yang tidak teratur diikuti adanya jeda di antara inspirasi dan ekspirasi.
E. Terdapat suara seperti berkumur yang terdengar sejak awal inspirasi sampai bagian awal ekspirasi.

Soal Ketiga

Perawat mencatat bahwa seorang klien menderita tuli konduktif. Penyakit yang manakah yang harus diketahui perawat sebagai penyebab jenis ketulian ini?
A. Kerusakan cochlea
B. Kecacatan pada nervus kranialis VIII
C. Hambatan fisik terhadap hantaran gelombang suara
D. Kerusakan jaras saraf yang mengarah ke korteks serebral
E. Kerusakan ota

Soal Keempat

Saat melakukan pemeriksaan jantung pada klien dengan gangguan katup, hasil auskultasi perawat mengindikasikan adanya murmur. Manakah dari pilihan berikut yang menggambarkan suara murmur pada jantung?
A. Suara lub-dub
B. Suara menyerupai gesekan antar kulit
C. Suara menyerupai tiupan atau angin yang menyusup
D. Suara mendadak, ketukan dengan nada tinggi
E. Suara normal

Apabila sudah yakin dengan jawab dari keempat contoh soal diatas, silahkan cocokkan dengan kunci jawaban berikut. Namun apabila belum yakin dengan jawaban dan ingin mencoba mengganti jawaban silahkan lakukan sebelum melihat kunci jawaban

Kunci Jawaban
Jawaban soal Pertama C

Jawaban soal kedua A

Jawaban soal ketiga C

Jawaban soal keempat C

Bagaimana dengan hasil dari mengerjakan keempat contoh soal diatas, apakah hasilnya sudah memuaskan atau masih perlu belajar lagi. jika masih belum memahami seperti apa bentuk soal dan apa saja penilaian soalnya silahkan baca baca dulu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners. dengan memahami terlebih dahulu poin penilaiannya semoga menjadi lebih baik pada saat mengerjakan soal UKners.

Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Komunitas

Berikut ini merupakan pembahasan contoh soal uji kompetensi ners dari nomor satu hingga nomor empat. Sebaiknya disimak kembali soal dan jawaban anda kemudian cocokkan dengan kunci jawaban dan pembahasan berikut ini.

Pembahasan Soal Pertama

Jawaban soal Pertama adalah C
Rasional: Pada pemeriksaan Romberg. klien diminta untuk berdiri tegak. kedua lengan lurus menjuntai ke bawah di samping tubuh. dan menutup kedua mata. Klien yang normal (tanpa gangguan sistem vestibular) akan dapat mempertahankan posisi dan keseimbangan dalam keadaan tersebut.

Tanda Romberg positif adalah tanda adanya gangguan sistem vestibular dan persarafan yang ditemukan jika klien terlihat kehilangan keseimbangan ketika kedua matanya ditutup. Tanda ini mungkin muncul bemamaan dengan ataksia serebelar, gangguan propriosepsi, dan kerusakan fungsi vestibular.

Gejala kebingungan yang diikuti dengan ketidakmampua untuk mengalahkan jari ke titik yang ditunjukkan mengindikasikan adanya gangguan koordinasi. Hasil pemeriksaan nistagmus positif ditegakkan jika terjadi gerakan bola mata tidak terkendali, ritmis, cepat, dan berkedut.

Hasil positif pemeriksaan Babinski ditemukan pada klien dengan pergelangan kaki dan ibu jari kaki yang dorsofleksi diikuti gerakan mengipas oleh jari-jari kaki lain; jika tanda ini ditemukan pada klien benisia di atas 2 tahun hal ini mengindikasikan adanya penyakit yang menyerang sistem saraf pusat.

Hasil pemeriksaan Kernig positif didapat dari gerakan menekuk kaki sehingga paha menyentuh tubuh. dan klien mengeluhkan nyeri di sepanjang tulang belakang saat kaki kembali diluruskan.

Strategi dalam mengerjakan soal: Pahami subjeknya, pemeriksaan Romberg. Anda akan dapat menjawab dengan mudah jika dapat mengingat bahwa keseimbangan klien diuji dalam pemeriksaan ini.

Pembahasan Soal Kedua

Jawaban Soal Kedua adalah A
Rasional: Pemapasan Cheyne-Stokes adalah pola napas yang disertai periode apnea dan dapat menuniukkan gangguan metabolis pada hemisfer otak atau basal ganglia. Hiperventilasi neurogenik adalah pola napas yang teratur cepat, dan dalam yang dapat menuniukkan adanya gangguan fungsi pada otak tengah dan pons media.

Pola pemapasan ataksia akan sama sekali tidak teratur baik dalam irama clan kedalaman, dan menuniukkan adanya kemsakan medulla. Pernapasan apneu adalah pola napas tidak teratur disenai ieda pada akhir inspirasi dan ekspirasi, dan dapat menunjukkan gangguan pada bagian tengah atau ujung pons.

Coarse crackles adalah suara berkumur yang terdengar seiak awal inspirasi dan memanjang sampai dengan bagian awal ekspirasi.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, karakteristik pola napas Cheyne-Stokes. Mengingat periode apnea yang terjadi pada pola napas ini akan mengarahkan Anda untuk memilih jawaban yang benan

Pembahasan Soal Ketiga

Jawaban Soal Ketiga adalah C
Rasional: Ketulian konduktif teq’adi sebagai akibat adanya obstruksi {isik terhadap hantaran gelombang suara. Ketulian sensorineural tteadi sebagai akibat prosm patoiisiologis di telinga dalam, kerusakan nervus kranialis VIII, atau kerusakan serabut saraf sensori yang menghubungkan ke korteks serebral dan ke otak.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subiek. tuli konduktif. Dengan memperhatikan hubungan kata konduktif dalam pertanyaan dan transmisi dalam pilihan akan menuniukkan Anda ke jawaban yang benar.

Pembahasan Soal Keempat

Jawaban Soal Keempat adalah C
Rasional: Murmur iantung adalah suara abnormal jantung yang dideskripsikan sebagai suara hembusan yang lembut. Suara lub-dub adalah suara normal jantung yang mewakili S1 (suara partama) dan S2 (suara kedua) jantung secara berurutan.

Perikardial friction rub,didefinisikan sebagai suara gesekan yang kasar dari suara jantung. Suara klik dideskripsikan sebagai suara hentakan mendadak, depgan nada tinggi.

Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, karakteristik dari suara murmur. Hilangkan pilihan pertama karena pilihan tersebut menggambarkan suara normal jantung. Selaniutnya, ingat bahwa murmur terjadi sebagai suara aliran darah ke jantung melalui katup. Dengan mengingat ini akan membantumu mengarah ke jawaban yang benar.

Dari keempat contoh soal keperawatan komunitas pada Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) diatas, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan soal secara jujur ada berapa yang anda jawab benar dan ada berapa yang anda jawab salah.

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Komunitas Sesi 1"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2