Poin Poin Penting dalam Perkembangan Masa Bayi

 Coba Geh Poin Poin Penting dalam Perkembangan Masa Bayi

Coba Geh, Poin Poin Penting dalam Perkembangan Masa Bayi - Dari lahir sampai sekitar usia tiga tahun, anak Anda mengalami perkembangan keterampilan motorik yang baru dengan kecepatan yang mengagumkan.

Rasanya menakjubkan ketika melihat transformasi yang terjadi dalam rentang waktu yang sesingkat itu. Ketika anak Anda bertumbuh dari seorang bayi yang tak berdaya, yang bergantung sepenuhnya kepada orang-orang yang merawatnya agar memenuhi setiap kebutuhan dan keinginannya, menjadi seorang bocah yang kuat, mandiri, bisa melakukan apa yang diinginkannya, meskipun jauh dari rumah.

Semua anak di mana pun mengalami rangkaian yang terdokumentasi dengan baik dari tahap-tahap pertumbuhan, tetapi usia di mana seorang anak secara individu mencapai setiap tahap itu sangat bervariasi.

Biasanya ada perbedaan-perbedaan dalam pola-pola individual, beberapa anak, misalnya, menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk merangkak jika dibandingkan anakanak lainnya.

Akan sangat berguna jika Anda memahami poin-poin penting dalam perkembangan anak Anda sehingga Anda dapat membantu meningkatkan keterampilan keterampilan yang sedang dituju oleh anak Anda, adalah hal yang penting untuk tidak menghakimi anak Anda, atau membandingkan kemampuannya dengan anak-anak lain yang seusia dengannya, kecuali pada hal-hal yang paling umum.

Bagaimanapun juga, jika Anda khawatir karena anak Anda sepertinya sangat lambat dalam mengembangkan keterampilan motoriknya yang mana pun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda atau ahli kesehatan lainnya untuk mendapatkan nasihat.

Selama 15 hingga 18 bulan pertama, seorang bayi harus beradaptasi setelah dia keluar dari lingkungan "tanpa berat” dalam rahim ibunya, untuk belajar mempertahankan dirinya melawan kekuatan gravitasi kekuatan yang paling dahsyat di dunia.

Selama waktu itu, dia akan mengembangkan banyak keterampilan motorik dan keterampilan yang berhubungan dengan sentuhan, yang akan membawa dia mulai menapaki jalan menuju kemandirian.

Secara umum, seorang bayi akan mengembangkan kelenturannya dengan suatu pola yang berbeda.

Pertama, dia akan membuka tubuh bagian depannya, bergerak dari posisi ala janin untuk meregangkan otot-otot di bagian tubuh depannya sambil meluruskan dan memperkuat punggungnya, dan melenturkan serta memperkuat banyak sendi di tubuhnya untuk bergerak.

Dia membutuhkan sekitar dua hingga tiga bulan untuk dapat meluruskan dan melemaskan (merilekskan) tubuhnya.

Pada usia 3 BULAN dia akan memiliki kendali untuk menggerakkan kepalanya dalam suatu derajat tertentu dan tengkurap (berbaring dengan posisi perut di bawah).

Dia akan memiliki cukup kekuatan pada tulang belakangnya untuk mengangkat kepala dan bahunya dari posisi mendatarnya, menahan berat tubuhnya dengan lengan atasnya. Pada akhir bulan yang keenam, dia akan memiliki kendali penuh atas kepalanya.

Pada usia 9 ULAN, seorang bayi mungkin sudah bisa duduk tegak tanpa sandaran. Ketika sedang berbaring di ranjang, mungkin dia akan mulai berguling, mencari pengalaman pertamanya dalam kebebasan gerak.

Inilah saat di mana dia mungkin akan mulai merangkak dan berdiri, menarik dirinya berdiri dengan bersandar ke Perabotan atau sandaran lainnya.

0 Response to "Poin Poin Penting dalam Perkembangan Masa Bayi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2