Peserta UKners Wajib Tahu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners


Coba Geh, Sebelum mengikuti Ujian Kompetensi Nasional peserta Ukom Ners wajib tahu tinjauan penilaian dan bobot penilaian pada Uji Kompetensi Ners Indonesia. Karena hal tersebut juga sangat penting untuk menentukan langkah dan strategi yang seperti apa dalam mengerjakan soal soal Uji Kompetensi Ners.

Sebagai peserta ujian sudah pasti merasakan psikologis yang tidak menentu, seperti halnya ujian kelulusan sekolah. Peserta akan merasakan was was dan juga gelisah karena ada rasa khawatir akan hasil yang didapat, apakah lulus atau tidak padahal belum mengikuti ujian.

Sebagai gambaran peserta uji kompetensi ners, disini akan ada seikit informasi mengenai kisi kisi penilaian dan bobot penilaian pada soal Ukners. Informasi ini hanya sebagai pemicu dlam belajar dan untuk menentukan langkah seperti apa nantinya bagi peserta dalam mengerjakan soal uji kompetensi ners.

Pada dasarnya pedoman yang digunakan dalam pembuatan soal ujian mengisyaratkan peserta dapat menjamin asuhan keperawatan yang diberikan kepada klien aman dan efektif. Pedoman tersebut memiliki kerangka dasar yang harus diterapkan pada soal ujian.

Tinjauan Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners

Kerangka dasar dalam penilaian soal uji kompetensi ners yaitu area kompetensi, domain kompetensi, bidang keilmuan, proses keperawatan, upaya kesehatan, kebutuhan dasar manusia dan sistem tubuh.

Area Kompetensi

Area kompetensi yang mengacu kepada standar kompetensi profesi, meliputi Praktik etis, legal, dan peka budaya; asuhan dan manajemen asuhan keperawatan; pengembangan profesional.

Domain Kompetensi

Domain kompetensi yang dibedakan dalam pengetahuan kognitif, prosedur dan afektif (konatif).

Bidang Keilmuan

Keilmuan yang berisi tentang keilmuan di dalam keperawatan, yakni keperawatan medikal bedah (KMB), maternitas, anak, jiwa, keluarga, gerontik, gadar, komunitas, dan manajemen keperawatan.

Proses Keperawatan

Proses keperawatan yang berisi kemampuan perawat dalam melakukan pengkajian, penentuan diagnosa, perencanaan, implementasi, dan evaluasi.

Upaya Kesehatan

Upaya pelayanan keperawatan yang berisi tentang upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan yang menggambarkan area kebutuhan klien yang meliputi kebutuhan oksigenasi, cairan dan elektrolit, nutrisi, aman dan nyaman, eliminasi, aktivitas dan istirahat, psikososial, komunikasi, belajar; seksual, nilai dan keyakinan.

Sistem Tubuh

Sistem tubuh yang menggambarkan permasalahan klien digolongkan dari sistem tubuh yang meliputi sistem pernapasan, jantung, pembuluh darah dan sistem limfatik, pencernaan dan hepatobilier, saraf dan perilaku, endokrin dan metabolisme, muskuloskeletal, ginjal dan saluran kemih, reproduksi, integumen, darah dan sistem kekebalan imun, penginderaan, kesehatan mental, dan pelayanan kesehatan.

Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners

Selain tinjauan pada penilaian diatas yang harus diketahui peserta Ukners adalah Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners. Dengan mengetahui bobot nilai pada soal diharapkan peserta mampu menyelesaikan soal dan mengumpulkan nilai yang memiliki bobot tinggi. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk mencapai kelulusan pada Uji Kompetensi Ners.

No KOMPETENSI (Persen (%)
1 Praktik Profesional, etis, legal dan peka budaya 15 - 25 %
2 Asuhan dan Manajemen Asuhan Keperawatan 65 - 75 %
3 Pengembagan Profesional 5 - 15 %

No DOMAIN (Persen (%)
1 Pengetahuan Kognitif 65 - 75 %
2 Pengetahuan Prosedur 20 - 25 %
3 Pengetahuan Afektif (konatif) 5 - 10 %

No KEILMUAN (Persen (%)
1 Keperawatan K M B 25 - 37 %
2 Keperawatan Maternitas 8 - 14 %
3 Keperawatan Anak 8 - 14 %
4 Keperawatan Jiwa 8 - 14 %
5 Keperawatan Keluarga 8 - 14 %
6 Keperawatan Gerontik 3 - 9 %
7 Keperawatan Manajemen 3 - 9 %
8 Keperawatan Gadar 3 - 9 %
9 Keperawatan Komunitas 3 - 9 %

No PROSES KEPERAWATAN (Persen (%)
1 Pengkajian 20 - 30 %
2 Penentuan Diagnosa 20 - 30 %
3 Perencanaan 15 - 25 %
4 Implementasi 15 - 25 %
5 Evaluasi 5 - 15 %

No UPAYA KESEHATAN (Persen (%)
1 Promotif 15 - 25 %
2 Preventif 15 - 25 %
3 Kuratif 35 - 45 %
4 Rehabilitatif 15 - 25 %

No KEBUTUHAN DASAR (Persen (%)
1 Oksigenasi 10 - 14 %
2 Cairan dan Elektrolit 10 - 14 %
3 Nutrisi 10 - 14 %
4 Aman dan Nyaman 10 - 14 %
5 Eliminasi 7 - 11 %
6 Aktivitas dan Istirahat 7 - 11 %
7 Psikososial 7 - 11 %
8 Komunikasi 7 - 11 %
9 Belajar 3 - 7 %
10 Seksual 3 - 7 %
11 Nilai dan Keyakinan 3 - 7 %

No SISTEM TUBUH (Persen (%)
1 Pernapasan 8 - 12 %
2 Jantung Pembuluh Darah dan Limfatik 8 - 12 %
3 Pencernaan dan Hipatobilier 8 - 12 %
4 Saraf dan Perilaku 12 - 16 %
5 Endokrin dan Metabolisme 6 - 10 %
6 Muskuloskeletal 6 - 10 %
7 Ginjal dan Saluran Kemih 6 - 10 %
8 Reproduksi 8 - 12 %
9 Integumen 3 - 7 %
10 Darah dan Sistem Kekebalan Imun 3 - 7 %
11 Penginderaan 2 - 4 %
12 Kesehatan MENTAL 2 - 4 %
13 Pelayanan Kesehatan 6 - 12 %

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai tinjauan penilaian dan bobot penilaian pada uji kompetensi ners. Apabila dirasa masih belum bisa memahami silahkan dibaca baca kembali dari awal secara seksama. Dengan mampu memahaminya diharapkan peserta mendapatkan hasil yang memuaskan dan dinyatakan lulus pada uji kompetensi ners.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya dengan menshare ke media sosial anda supaya teman atau sahabat bahkan orang lain yang sangat membutuhkan informasi ini bisa mendapatkannya.

Dengan membagikan artikel ini melalui akun medsos anda semoga anda mendapatkan kemudahan dalam segala urusan dengan hasil yang terbaik. Jangan Sungkan Untuk Membagikan, Jika Belum !! Coba Geh.

0 Response to "Peserta UKners Wajib Tahu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2