Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi 2

Coba Geh, Berikut ini merupakan kumpulan Contoh Soal dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi ke dua yang terdiri dari lima buah soal dan pembahsannya. Pada contoh soal ini hanya terfokus pada keperawatan Gawat Darurat saja.

Silahkan simak contoh soal sekaligus pembahasan soal uji kompetensi ners keperawatan Gawat Darurat berikut dengan seksama dan teliti, dengan harapan anda mampu memahami karakter soalnya sehingga bisa memilih jawaban yang benar.

Harap jangan membuka kunci jawaban serta pembahasannya sebelum anda benar benar memilih pilihan jawaban yang menurut anda benar. Jika sudah mengerti, silahkan dimulai mengerjakan contoh soal uji kompetensi ners keperawatan Gawat Darurat Sesi dua berikut.

Contoh Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat

Soal Pertama

Klien tiba di IGD mengeluh nyeri dada sejak 4 jam yang lalu. Hasil spesimen darah troponin T menunjukkan kadar 0,6 ng/mL. Apakah indikasi hasil pemeriksaan di atas?

A. Kadar normal
B. Nilai yang rendah indikasi'pemungkin gastritis
C. Kadar yang menunjukkan infark miokard
D. Kadar yang menunjukkan adanya pencetus angina
E. Kadar yang tidak menunjukkan infark miokard

Soal Kedua

Seorang klien dengan terapi 1000mL dextrose 5% dalam natrium klorida 0,9% tergantung pada jam 15:00. Perawat melakukan observasi pada 15:45 mendapatkan klien mengeluh sakit kepala berdebar dan dyspneic, mengalami menggigil, dan khawatir, dengan denyut nadi meningkat. Kantong intravena (IV) tersisa 400 mL. Apakah tindakan yang dilakukan pertama kali oleh perawat?

A. Memperlambat infus IV
B. Mendudukkan klien di tempat tidur
C. Melepaskan kateter IV
D. Memanggil penyedia layanan kesehatan
E. Menghentikan infus IV

Soal Ketiga

Perawat memiliki resep untuk pemberian infus desktrose 5% dalam cairan 1000 mL IV dengan kalium klorida 20 mEq dan perlu menambahkan obat ke kantong IV. Apakah tindakan yang segera dilakukan oleh perawat setelah penyuntikan kalium klorida ke lubang kantong IV?

A. Memutar kantung dengan lembut.
B. Melekatkan tabung ke klien.
C. Memberi keterangan Tabung dengan larutan IV.
D. Memonitor larutan untuk perubahan warna kekuningan.
E. Memperlambat tetesan infus IV.

Soal Keempat

Perawat menentukan bahwa klien mengalami reaksi transfusi. Setelah perawat menghentikan transfusi, apakah tindakan yang harus diambil selaniutnya?

A. Lepaskan selang intravena (IV).
B. lalankan larutan dekstrosa 5%.
C. Ialankan normal saline pada laju vena-terbuka.
D. Memperiksa kultur ujung perangkat kateter dilepaskan dari klien.
E. Mendokumentasikan hasil temuan.

Soal Kelima

Perawat sedang mempersiapkan jalur .intravena yang mengandung kalium klorida dosis tinggi dan berencana untuk menggunakan pompa infus intravena. Perawat membawa pompa ke samping tempat tidur, bersiap untuk memasang kabel pompa ke dinding, dan mencatat bahwa tidak ada wadah yang tersedia diberhenti kontak. Apakah tindakan yang harus dilakukan oleh perawat?

A. Memulai jalur intravena tanpa menggunakan pompa.
B. Hubungi unit instalasi listrik untuk membantu.
C. Pasang kabel pompa di steker yang tersedia di atas wastafel kamar.
D. Cunakan kabel penyambdng dari ruang perawat lubang pompa.
E. Periksa kabel Iistrik dan gunakan 'peralatan di dekat wastafel.

Apabila sudah yakin dengan jawab dari keempat contoh soal diatas, silahkan cocokkan dengan kunci jawaban berikut. Namun apabila belum yakin dengan jawaban dan ingin mencoba mengganti jawaban silahkan lakukan sebelum melihat kunci jawaban

Kunci Jawaban

Jawaban soal Pertama C

Jawaban soal kedua A

Jawaban soal ketiga A

Jawaban soal keempat C

Jawaban soal kelima B



Bagaimana dengan hasil dari mengerjakan kelima contoh soal diatas, apakah hasilnya sudah memuaskan atau masih perlu belajar lagi. jika masih belum memahami seperti apa bentuk soal dan apa saja penilaian soalnya silahkan baca baca dulu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners. dengan memahami terlebih dahulu poin penilaiannya semoga menjadi lebih baik pada saat mengerjakan soal UKners.

Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat

Berikut ini merupakan pembahasan contoh soal uji kompetensi ners dari nomor satu hingga nomor lima. Sebaiknya disimak kembali soal dan jawaban anda kemudian cocokkan dengan kunci jawaban dan pembahasan berikut ini.

Pembahasan Soal Pertama
a

Dari keempat contoh soal keperawatan Gawat Darurat pada Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) diatas, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan soal secara jujur ada berapa yang anda jawab benar dan ada berapa yang anda jawab salah. Silahkan berikan jawaban anda di kolom komentar ya...

0 Response to "Contoh Soal Dan Pembahasan Soal Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) Keperawatan Gawat Darurat Sesi 2"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2