Persiapan Menyusui Selama Masa Kehamilan Dan Nutrisi Menyusui

Coba Geh, Persiapan Menyusui Selama Masa Kehamilan dan Nutrisi Penting Bagi Ibu Menyusui. Payudara sudah mulai melakukan persiapan menyusui Sejak Ibu memasuki masa kehamilan.

Perubahan yang tampak dari luar adalah payudara semakin besar, areola mamae atau daerah yang berwarna hitam terlihat lebih gelap dan lebih besar, payudara tampak lebih kotor karena produksi lemak di pori-porinya meningkat.

Selain itu, payudara juga menjadi lebih lunak dan lebih sensitif atau agak nyeri. Perubahan ini harus diikuti dengan perawatan yang baik. Caranya adalah sebagai berikut.

Sebelum mandi, kompreslah payudara dengan air hangat menggunakan kain yang lunak kurang lebih selama 5-10 menit, kemudian ambil satu potong kapas dan beri sedikit minyak kelapa.

Bersihkan daerah puting dan areola mamae dari lemak yang ada di sana dengan hati-hati. Lakukan sampai bersih.

Tujuannya adalah agar payudara menjadi bersih dan puting serta areola mamae lebih lunak dan tidak mudah lecet. Setelah lemak-lemak di sekitar payudara bersih, kembali basuh payudara dengan air hangat untuk menghilangkan bekas minyak kelapa yang ada.

Selanjutnya, ibu mandi seperti biasa. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 hari sekali setelah kehamilan memasuki Trimester II.

Sebaiknya tidak membersihkan payudara dengan sabun karena sabun bersifat iritatif.

Gunakan bra yang tidak terlalu ketat, tetapi mampu menyokong payudara dengan baik. Hindari penggunaan bra dengan kawat atau terlalu ketat karena dapat membuat ibu tidak nyaman.

Lepaskan bra beberapa saat dalam satu hari agar payudara tidak lembap dan membantu melonggarkan pernapasan ibu.

Menjelang persalinan, lakukan perawatan lebih rutin. Terutama untuk kebersihan daerah payudara, persiapan untuk kelahiran bayi.

# Nutrisi Penting bagi Ibu Menyusui


Selama menyusui, makanan dengan gizi lengkap sangatlah diperlukan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam ASI sangat tergantung pada makanan yang ibu makan.

Komposisi makanan yang diperlukan sama dengan makanan sehat pada umumnya, yang terdiri dari karbohidrat sebagai sumber energi. Protein sebagai unsur pembangun, lemak sebagai unsur energi dan pembangun. serta vitamin dan mineral sebagai unsur pengatur.

Oleh karena itu, sebaiknya makanan terdiri dari nasi atau penggantinya. sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Kalau bisa tambahiah dengan susu.

Jumlah makanan yang dimakan oleh ibu memang jadi lebih banyak dari sebelum menyusui, tetapi porsinya tidak harus dua kali lipat. Sebaiknya secukupnya Jika ibu sudah merasa lapar, segera makan atau makanlah dengan frekuensi yang semakin sering.

Sayur-sayuran hijau (bayam, kangkung, katu, bayung, daun ketela pohon. daun pepaya. dan iains lain), kacang-kacangan (kacang panjang, kacang hijau, buncis, kedelai, kacang tolo, dan lain-lain) sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Demikian juga buah-buahan (jeruk manis, pepaya, avokad, pir, apel, pisang, anggur) sangat membantu kebutuhan serat selama menyusui.

Jenis lauk-pauk yang dianjurkan adalah tahu, tempe, keju, teiur, ikan, daging ayam maupun sapi. Semua diperbolehkan bagi Ibu menyusui-tidak ada pantangan apa pun.

Kecuali ibu mempunyai riwayat alergi terhadap makanan tersebut, maka jenis makanan tersebut sebaiknya dihindari. Susu yang dipilih bisa susu menyusui atau susu segar lain yang sudah melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Jumlah minuman yang dikonsumsi ibu juga harus ditingkatkan minimal 8 gelas per hari, yang terdiri dari air putih, teh, jus buah, susu, atau jenis minuman lain yang disukai ibu. Hindari minuman yang bersoda dan mengandung cafein untuk tetap menjaga kualitas ASI.

0 Response to "Persiapan Menyusui Selama Masa Kehamilan Dan Nutrisi Menyusui"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2