Coba Tanaman Daun Sendok Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Coba Geh, Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk penyembuh atau pencegahan penyakit.

Ada banyak sekali tanaman obat yang dapat kita temui di sekitar kita, misalnya, tanaman yang memiliki manfaat untuk menangani asam urat, berfungsi sebagai antiradang, penghilang rasa sakit, membersihkan darah dari zat toksik, dan peluruh kemih.

Adapun jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, diantara banyaknya jenis tanaman yang ada di sekitar kita antara lain yaitu Daun Sendok.

Daun sendok dikenal dengan nama Plantago Mayor. Tanaman ini termasuk dalam famili tumbuhan Plantaginaceae. Nama daerahnya. yaitu ki urat, kuping menjangan. otot-ototan, ceuliuncal, meloh kiloh. sangkabuah. sangkubah. suri pandak. dan torongoat.

Kandungan kimia daun sendok adalah plantagin, aucubin, ursolic acid. bethasitosterol. hentriaoontane. plantaglucide. vitamin B1. vitamin C. vitamin A, dan kalium. Rhinantin. turunan dari naphazolin bermanfaat sebagai penghilang nyeri urat.

Efek farmakologis daun sendok adalah bersifat antiinfiamasi (antiradang). pe|uruh air kencing (diuretic). peluruh dahak (mucolytic). menghentikan batuk (antitusif). Antiseptik, aphrodisiak memperbaiki penglihatan pada penderita kencing manis, hepatoprotektor, dan menormalkan aktivitas hati.

Penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman ini ada banyak sekali, di antaranya:

Gangguan saluran air kemih, Air kemih berdarah, Keputihan, Disentri panas, Diare, Gangguan pencernakan anak-anak, Mimisan, Batuk sesak atau batuk darah.

Radang saluran napas (bronchitis), Kencing manis dan kencing batu, Sakit kuning (acute icteric hepatitis), Bisul, Radang selaput mata, Nyeri urat/otot, Kudis, Batu Empedu.

Bahan dan Cara Membuat Ramuan Daun Sendok Untuk Obat Asam Urat

Berikut ini cara membuat ramuan daun sendok untuk pengobatan asam urat.

Bahan yang harus disiapkan diantaranya  20 gram daun sendok kering (satu genggam), 10 gram temulawak kering (2 iris), 20 gram akar sidaguri kering (1 genggam), dan 4 gelas air (800 ml).

Cara membuat ramuan obat  tradisional untuk asam urat menggunakan tanaman daun sendok yaitu
Semua bahan direbus hingga airtersisa 2 gelas saja, Angkat, dinginkan, dan disaring, Ramuan diminum pagi dan sore setelah makan, Setiap kali minum satu gelas.

0 Response to "Coba Tanaman Daun Sendok Obat Tradisional Untuk Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2