Fanfaat Kumis Kucing Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Coba Geh, Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk penyembuh atau pencegahan penyakit. Salah satunya ialah tanaman kumis kucing yang bisa difanfaatkan sebagai obat asam urat.

Ada banyak sekali tanaman obat yang dapat kita temui di sekitar kita, misalnya, tanaman yang memiliki manfaat untuk menangani asam urat, berfungsi sebagai antiradang, penghilang rasa sakit, membersihkan darah dari zat toksik, dan peluruh kemih.

Adapun jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, yaitu Kumis Kucing. Tanaman ini selain bisa untuk tanaman hias karena bunganya yang unik dan bagus seperti kumis pada hewan kucing. Juga bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional.

Kumis kucing termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Nama ilmiahnya adalah Orthosiphon aristatus.

Kumis kucing memiliki banyak nama di berbagai daerah. Orang Melayu dan Sunda menyebutnya kumis kucing, orang Jawa menyebutnya remujung, dan orang Madura menyebutnya songket koceng.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.

Efek yang terdapat pada tanaman kumis kucing ini adalah sebagai antioksidan, antiinflamasi, bersifat diuretik, peluruh kemih, menghancurkan batu ginjal dan kristal asam urat, dan antibakteri.

Tumbuhan kumis kucing menghasilkan senyawa senyawa terpenoid dan senyawa fenol, seperti diterpenoid jenis isopimaran. flavonoid, benzokromen, dan turunan asam organik.

Ciri khas senyawa diterpenoid yang diisolasi dari kumis kucing adalah mempunyai kerangka karbon jenis isopimaran yang terdiri dari tiga cincin dan mengandung banyak gugus fungsi oksigen.

Bahan dan Cara membuat ramuan obat Asam Urat dari Tanaman Kumis Kucing

Berikut adalah cara membuat ramuan kumis kucing yang bisa anda lakukan untuk mengobati asam urat. Bahan dan caranya juga sangat sederhana dan mudah didapatkan.

Bahan 100 lembar daun kumis kucing segar, 3 gelas air bersih.

Cara membuat Cuci daun kumis kucing segar hingga bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.

Dinginkan air rebusan, tunggu hingga dingin dan saring. Minum air rebusan daun kumis kucing pada pagi hari.

0 Response to "Fanfaat Kumis Kucing Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2