Kayu Manis Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Coba Geh, Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk penyembuh atau pencegahan penyakit.

Ada banyak sekali tanaman obat yang dapat kita temui di sekitar kita, misalnya, tanaman yang memiliki manfaat untuk menangani asam urat, berfungsi sebagai antiradang, penghilang rasa sakit, membersihkan darah dari zat toksik, dan peluruh kemih.

Adapun jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, yaitu Kayu Manis.
Kayu manis merupakan tumbuhan asli lndonesia. Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain sebagai bumbu penyedap masakan dan pembuatan kue, kayu manis sejak dahulu dikenal memiliki berbagai khasiat.

Bahkan, kayu manis saat ini sudah menjadi bagian dari bahan baku dalam industri jamu dan kosmetik.

Kayu manis (Cinnamomum Burmani) memang memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan.

Coba Geh Kayu Manis Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat
Kayu Manis (Cinnamomum Burmani).     pict: google

Tumbuhan yang kulit batang, daun, dan akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan ini berkhasiat sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, meningkatkan nafsu makan (istomachica), dan menghilangkan sakit (analgesik).

Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Kimia dari kayu manis adalah pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

Menurut pakar obat-obatan herbal, Profesor Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak khasiat. di antaranya obat asam urat, tekanan darah tinggi (hipertensi), radang lambung atau maag (gastritis), tidak nafsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariawan, asma, dan sakit kuning.

Ramuan untuk mengobati Asam Urat adalah sebagai berikut

Bahan 1 ibujari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, 15 gram jahe merah, Air 1.500 cc.

Cara membuat, Rebus semua bahan hingga air hanya tersisa 500 cc, Angkat kemudian saring. Tambahkan 200 cc air susu cair dan minum. Sementara ubi yang ikut direbus dimakan.

0 Response to "Kayu Manis Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2