Manfat Buah Mengkudu Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Coba Geh, Manfat Buah Mengkudu Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat. Tanaman obat adalah tanaman yang memiliki khasiat obat dan digunakan untuk penyembuh atau pencegahan penyakit.

Ada banyak sekali tanaman obat yang dapat kita temui di sekitar kita, misalnya, tanaman yang memiliki manfaat untuk menangani asam urat, berfungsi sebagai antiradang, penghilang rasa sakit, membersihkan darah dari zat toksik, dan peluruh kemih.

Salah satu jenis tanaman obat dari banyaknya tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat, bahkan bisa saja tanaman itu ada di sekitar kita. Salah satu tanaman obat tradisional yaitu Mengkudu.

Buah Mengkudu

Sudah sejak lama Mengkudu, atau sebutan nama latinnya Morinda Citrifolia ini, dimanfaatkan orang sebagai bahan obat. Tanaman buah Mengkudu juga biasa digunakan sebagai bahan makanan. Sebagai bahan makanan, pada buah mengkudu menyediakan nutrisi yang cukup lengkap.

Sebagian besar adat budaya Polinesia, masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah mengkudu sebagai makanan utama.

Mengkudu merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari famili Rubiaceae. Ciri khas buah mengkudu ini adalah baunya yang sangat menyengat dan banyak tumbuh liar di sekitar kebun. Bahkan saat ini sudah banyak yang menanam dan membudidayakan buah mengkudu di pekarangan rumah maupun di kebun.

Buah mengkudu memiliki khasiat sebagai antibakteri, antiviral, antidiabetes, antimalana, antiarthritis, dan mengurangi sifat toksik obat serta sebagai imunomodiator.

Kandungan Pada Buah Mengkudu

Kandungan buah mengkudu, antara lain scolopetin, xemnin, proxenonin, proxeronase, damnacanthal, nondamnacanthal, asam amino, dan mineral, seperti magnesium, besi, dan fosfat.

Senyawa scolopetin sangat efektif sebagai anti peradangan dan antialergi. Selain itu buah mengkudu ini juga dikenal sebagai antibakteri.

Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas Aeruginosa, Protens Morganii, Staphylococcus Aureus, Bacillus Subtilis, dan Escherichia Coli.

Zat antibakteri juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan), seperti Salmonella Montivideo, S. Sootmuelleri, S. Typhi, Shigella Dusenteriae, S. Flexnerii, S. Pradysenteriae, dan Staphylococcus Aureus.

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam buah mengkudu ini. Sebagai alternatif obat tradisional yang berkasiat, berikut ini salah satu cara membuat ramuan mengkudu untuk mengobati asam urat.

Bahan dan Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Obat Asam Urat

Untuk membuat ramuan obat tradisional dari buah mengkudu silahkan siapkan bahan bahannya seperti 1 buah mengkudu, kemudian siapkan juga Madu atau bisa juga menggunakan gula aren sebagai pengganti madu secukupnya.

Cara membuat supaya mendapatkan hasil dan khasiat yang baik yaitu Cuci dan kupas buah mengkudu, potong-potong, lalu cuci kembali. Setelah buah mengkudu dicuci hingga bersih kemudian Blender dan sering. Silahkan tambahkan gula dan madu secukupnya, minum ramuan buah mengkudu tadi sampai habis.

0 Response to "Manfat Buah Mengkudu Tanaman Obat Tradisional Untuk Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2