Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Cara Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

3 min read

Cara Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

COBA GEH, Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah. Hipertensi bukan penyakit yang bisa langsung disembuhkan dengan pengobatan. Apabila seseorang sudah terkena hipertensi maka seumur hidupnya ia harus hati-hati dan terus-menerus menjaga tekanan darahnya.

Sekali lengah, walaupun tekanan darah sudah normal, tidak mustahil akan kembali terkena hipertensi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan tekanan darah.

Ilustrasi di bawah ini akan menggambarkan bagaimana pentingnya bagi kita untuk tetap menjaga keseimbangan tekanan darah.

Akang merasa cemas dan resah. Tanpa ada penyebab apa-apa, hidungnya terus-menerus berdarah (mimisan). Orang lain pun mencemaskannya dan sebagian mengatakan bahwa dia terkena hipertensi.

Akang segera membantah pernyataan orang orang tersebut. Dia merasa dirinya sehat dan tidak pernah mengidap penyakit berat.

Apa yang dialami oleh Akang adalah hal yang wajar. Orang terkena hipertensi tidak pernah merasakan gejala-gejalanya karena memang hipertensi tidak memilih gejala yang khas.

Hal yang terpenting untuk mengetahui adanya hipertensi atau tidak adalah dengan memeriksakan tekanan darah. Selain itu, juga harus memeriksa gaya hidup yang dijalaninya selama ini.

Dari tekanan darah dan gaya hidupnya akan dapat diketahui secara pasti seseorang terkena hipertensi atau tidak. Tekanan darah adalah daya yang dikeluarkan darah yang mendesak dinding-dinding pembuluh darah.

Tekanan darah dapat diukur dengan menggunakan pembalut karet yang dapat menggembung. Yang dililitkan melingkar pada lengan bagian atas dan tersambung alat pencatat tekanan darah. Ada dua ukuran yang diperoleh.

Sebagai contoh 120/80, maka angka yang pertama mengindikasikan tekanan darah sistolik karena angka ini menunjukkan tekanan darah selama jantung berdetak dan angka.

Kedua disebut tekanan darah diastolik karena angka ini menunjukkan tekanan darah selama jantung mengendur. Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa, dan para dokter menggolongkan seseorang terkena hipertensi ketika tekanan darahnya sudah lebih dari 120/80 mmHg.

Cara Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Bagaimana caranya tekanan darah bisa naik? Untuk menjelaskan ini, kita bisa membayangkan saat kita sedang menyirami tanaman di kebun. Dengan cara membuka keran atau mengecilkan diameter mulut pipa, maka ini akan meningkatkan tekanan air.

Hal yang serupa terjadi juga pada aliran darah. Meningkatnya kecepatan aliran darah atau mengecilnya ukuran pembuluh darah akan meninggikan tekanan darah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah naik. Penelitian menemukan bahwa jika seseorang memiliki sanak keluarga yang mengalami hipertensi maka kemungkinan besat dia juga akan mudah terkena hipertensi.

Kemungkinan ini juga banyak terjadi pada orang-orang yang kembar identik Apabila satu terkena hipertensi maka kembarannya juga dapat dipastikan terkena hipertensi.

Risiko terkena hipertensi juga semakin meningkat dengan pertambahan usia, baik pada laki-laki maupun perempuan. Lemak dan kolesterol yang berlebihan dalam darah juga akan memicu terjadinya hipertensi.

Orang yang mengalami kelebihan berat badan lebih dari 30% juga akan rawan terkena hipertensi. Merokok dan mengkonsumsi narkoba juga merupakan salah satu pemicu hipertensi.

Kopi, teh. dan minuman-minuman yang mengandung kafein juga dapat memicu terjadinya hipertensi. Minuman alkohol dan kurangnya kegiatan fisik juga dapat menyebabkan hipertensi. Sangatlah salah bila seseorang beranggapan akan mengubah pola hidupnya saat telah menderita hipertensi akut.

Baca Juga : Kenali Faktor dan Pengobatan Hipertensi

Pola hidup yang sehat harus dibentuk sejak dini untuk mengusahakan kesehatan tetap prima sepanjang masa. Oleh karena itu, sebenarnya untuk menjaga tekanan darah tetap normal yang paling penting adalah melakukan hal-hal sebagai berikut.

1. Jalani pola hidup sehat sepanjang waktu.

Betapapun sehatnya kita, pola ini harus kita anut. Begitu kita tidak mempedulikan pola hidup sehat, pasti segala jenis penyakit akan segera bermunadan.

2. Miliki pola makan yang sehat.

Makanan yang sehat bukan berarti pasti tidak enak. Perhatikan betul pola makan kita. Jangan sampai hanya demi mengeja kenikmatan. kita mengabaikan kesehatan kita. Ingatlah, memiliki pola makan sehat sehari-hari. selain mencegah kita dari berbagai macam penyakit. juga membantu kita memiliki harapan hidup yang lebih lama.

3. Olahraga.

Tidak peduli sesibuk apa pun kita, biasakan olahraga. Olahraga tidak mesti harus ke fitness center atau gymgym yang mahal. Kita dapat melakukan olahraga yang sesuai dengan kesenangan kita. Renang, lari, senam, bulu tangkis, tenis, dan lain-lain dapat kita pilih. Porsi olahraga juga tidak harus selalu lama. Akan tetapi, yang penting mtin dan teratur. Orang yang banyak bergerak dengan olahraga akan cenderung memiliki kesempatan hidup lebih lama daripada orang yang tidak banyak bergerak.

4. Jauhi sumber penyakit.

Seperti narkoba, minuman beralkohol. minuman bersoda. minuman yang mengandung kafein (teh, kopi), begadang terus-menerus, serta tidak mempedulikan waktu istirahat.

5. Kelola stres dengan baik.

Di zaman modern seperti sekarang ini, rasanya tidak mungkin seseorang tidak mengalami stres. Oleh karena itu, yang paling baik adalah bagaimana kita dapat mengelola stres tersebut sehingga tidak mengganggu kesehatan dan justru dapat kita manfaatkan untuk mendorong kemajuan.

6. Kurangi Konsumsi Garam

Kurangi konsumsi garam dan kendalikan berat badan serta kolesterol. Semuanya itu dapat memicu terjadinya hipertensi bila kadarnya berlebihan.

7. Kembali ke alam.

Menggunakan segala sesuatu yang berasal dari alam, selain lebih murah juga lebih sehat. Pilihlah bahan bahan yang kita konsumsi adalah bahan-bahan yang bebas dari segala zat pengawet.

8. Perbaiki hubungan spiritual kita.

Setiap agama mengajarkan keseimbangan. Oleh karena itu, orang yang memiliki hubungan spiritual baik biasanya lebih sehat daripada mereka yang tidak.

Baja Juga : Waspada Faktor Penyebab Hipertensi

Demikianlah cara-cara yang dapat kita lakukan secara terus-menerus sepanjang waktu. Kita harus selalu ingat bahwa tekanan darah dapat meningkat sewaktu-waktu bila kondisinya memungkinkan.

Oleh karena itu, kita harus terus waspada dan menjaga kesehatan secara optimal. Gunakan selalu pola hidup sehat dan pola makan sehat. Kalau sudah begini dapat diharapkan kesehatan pun tetap terjaga sepanjang usia.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

One Reply to “Cara Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah”

  1. Iya benar sekali, keseimbangan tekanan darah dapat terjaga jika gaya hidup kita baik, pikiran kita terjaga, makan-minum sehat dan tubuh kita beraktivitas dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *