Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Kuliah Jurusan Program Pendidikan Profesi Bidan Murah di Lampung

2 min read

Kuliah Jurusan Program Pendidikan Profesi Bidan Murah di Lampung

COBA GEH, Pendidikan Profesi Bidan Murah. Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi bagi sebaian orang adalah hal yang sangat diimpikan. Namun tidak sedikit juga yang mempertimbangkan segi Biaya Kuliah, lama Kuliah dan tempat Kuliahnya.

Begitu juga bagi para lulusan Bidan, baik itu lulusan pendidikan vokasi atau D3 Kebidanan maupun lulusan Diploma IV Kebidanan. Bagi Bidan Lulusan D3 untuk melanjutkan ke jenjang Profesi Bidan, maka harus menempuh jenjang Diploma IV atau S1 Kebidanan.

Sedangkan untuk Lulusan Diploma IV Bidan, bisa langsung menempuh pendidikan Profesi Bidan. Hal tersebut sudah menjadi ketentuan yang telah disepakati oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Kuliah Pendidikan Profesi Bidan Murah di Lampung

Untuk melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan profesi bidan selama ini cukup kesulitan. Dimana program profesi kebidanan di indonesia masih jarang.

Untuk menjadi seorang bidan pendidik adalah suatu keharusan, bidan pendidik merupakan ilmu pengetahuan yang berorientasi keahlian praktis guna menunjang pengembangan profesi bidan. Untuk mendapatkan pengetahuan tersebut haruslah melalui perkuliahan, baik itu secara teori maupun praktikum.

Beberapa pendapat tentang profesi bidan yang memang memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat.

Bidan adalah seorang wanita yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan bidan yang telah diakui pemerintah dan lulus ujian sesuai persyaratan yang berlaku, dicatat, diberi ijin secara sah untuk menjalankan praktik.

Bidan memiliki banyak peran terutama dalam menjalankan praktek di masyarakat.peran bidan yang harus dilaksanakan diantaranya adalah peran sebagai pendidik, sebagai pelaksana, sebagai pengelola, sebagai peneliti, sebagai pemberdaya, sebagai pembela klien, sebagai kolaborator, dan sebagai perencana.

Dasar dari kewajiban seorang bidan dalam mendapatkan STR harus melalui pendidikan profesi bidan yakni Surat Kesepakatan Tentang Pendidikan Tinggi Kebidanan. Surat ini dirilis pada laman website IBI.

 

Kuliah Jurusan Program Pendidikan Profesi Bidan Murah di Lampung

 

Berikut ini salinan dari Surat Kesepakatan yang telah di rilis oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Pada hari ini, Senin, Sebelas September Dua Ribu Tujuh Belas telah dicapai kesepakatan antara Kemristekdikti, BPPSDM Kemkes, Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bahwa:

  1. Pada masa transisi, Uji Kompetensi untuk DIV Kebidanan (0 tahun) tetap akan dilakukan hingga tahun 2020. STR untuk lulusan uji kompetensi DIV Kebidanan ini diatur oleh MTKI/KTKI.
  2. Merujuk pada Surat Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaaan No.257/B/TU/2017 dan Surat Kepala Badan PPSDM Kemkes No. TU.05.01/III.3/03655/2016, mulai tahun 2017 tidak ada penerimaan mahasiswa baru untuk prodi DIV Kebidanan. Selanjutnya perlu dilakukan percepatan untuk pemenuhan 39 prodi DIV Kebidanan menjadi prodi profesi bidan (saat ini ada 3 prodi profesi bidan yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan dari Kemristekdikti).
  3. Program profesi bidan dapat ditempuh setelah melalui program vokasi (DIV) atau akademik (S1). Percepatan pemenuhan capaian pembelajaran lulusan program DIII menjadi DIV Kebidanan dapat melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau sesuai Permenristekdikti No.26/2016.
  4. Apabila mahasiswa tidak menyelesaikan hingga tahap profesi (exit pada DIV atau S1 Kebidanan), lulusan tidak bisa mendapatkan STR profesi bidan.
  5. Perlu penataan capaian pembelajaran program DIV dan S1 Kebidanan yang siap untuk melanjutkan program profesi bidan.
  6. Program studi DIV Kebidanan yang terakreditasi C diarahkan untuk memperkuat prodi DIII Kebidanan, dengan pengalihan homebased dosen D IV ke D III Kebidanan (pengaturan pada PD-Dikti).

Terbitnya Surat kesepakatan tersebut merupakan cambukan bagi para Bidan yang sudah memiliki ijazah Diploma untuk melanjutkan pendidikan profesi bidan.

Oh iya mungkin ada yang belum tahu lama kuliah profesi bidan berapa tahun, nah bagi anda yang memang ingin melanjutkan kuliah pendidikan profesi bidan jangka waktu studi juga menjadi pertimbangan.

Selain Biaya Kuliah, Lama Studi juga akan menjadi pertimbangan. Untuk melanjutkan studi ke jenjang Profesi Bidan ini yang pertama adalah harus lulusan minimal Diploma IV (D4), juga S1 Kebidanan.

Jangka Waktu proses pendidikan profesi bidan adalah satu tahun atau dua semester saja. Cukup singkat bukan? Ya karena profesi bidan ini diperuntukkan bagi para bidan yang ingin memiliki sertifikasi profesi. Bisa juga untuk kenaikan jenjang karirnya atau kenaikan pangkat dan jabatan yang mengharuskan ada sertifikasi bidan.

Informasi Pendaftaran Pendidikan Profesi Bidan Murah di Lampung

Setelah diterimanya Surat Keputusan (SK) Izin penyelenggaraan pendidikan bidan profesi yang pertama di lampung. Kini di Universitas Aisyah Pringsewu sudah mulai membuka pendaftaran profesi bidan 2020.

Untuk informasi pendaftaran kuliah S1 kebidanan maupun Profesi Bidan di Universitas Aisyah Pringsewu, anda bisa tanya tanya melalui Whatsapp di nomor 08117200100. Atau bisa langsung mengunjungi websitenya di www.aisyahuniversity.ac.id.

Di tahun 2020 Universitas Aisyah Pringsewu Lampung satu satunya Penyelenggara Pendidikan Tinggi Swasta di Lampung yang memiliki Program Studi Sarjana Kebidanan (S1 Bidan) dan Prgogram Pendidikan Profesi Bidan.

Baca Juga : Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung

Apakah anda lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sederajat? Dan ingin melanjutkan kuliah ke jurusan Kebidanan Silahkan daftarkan diri anda ke Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu.

Atau anda adalah Lulusan Diploma 3 Kebidanan? Dan ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi yakni ke Pendidikan Profesi Bidan. Silahkan juga anda langsung daftar ke Program Studi Profesi Bidan di Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *