Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Manfaat Ekstrak Buah Pala Untuk Insomnia

2 min read

Manfaat Ekstrak Buah Pala Untuk Insomnia

COBA GEH, Ekstrak Buah Pala. Ada diantara Anda yang sudah pernah melihat buah pala? Atau sudah tahu pohon pala. Nah salah satunya khasiat Buah Pala Untuk Insomnia.

Buah Pala biasa di budidayakan di dataran tinggi, namun tidak menutup kemungkinan ada yang di tanam di dataran rendah.

Pokok pohonnya keras memiliki akar Tunggal yang bisa mencapai ketinggian belasan meter. Selain itu buah pala juga termasuk tanaman musiman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya yaitu Manfaat Ekstrak Buah Pala Untuk Insomnia. Jadi jangan pandang sebelah mata tanaman ini ya.

Gangguan Tidur atau Insomnia

Insomnia atau gangguan tidur adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami sulit tidur atau tidak merasa kantuk.

Insomnia (susah tidur) merupakan jenis gangguan tidur yang berkaitan erat dengan kuantitas dan kualitas tidur yang tidak terpenuhi.

Penyebab Gangguan Tidur (Insomnia)

Penyebab Gangguan Tidur atau Insomnia yang dialami oleh seseorang biasanya karena beberapa sebab, dari beberapa sebab tersebut diantaranya

Masalah kejiwaan, masalah kejiwaan yang diderita oleh orang yang dikategorikan penyebab Gangguan Tidur atau Insomnia biasanya karena setress, atau masalah keluarga.

Program Psikiatri atau sakit jiwa, nah jika seseorang sudah pada fase ini sudah seharusnya di obati ke rumah sakit jiwa.

Gaya hidup. Penyebab Gangguan Tidur yang dirasakan karena gaya hidup biasanya karena pemakaian obat perangsang seperti nikotin ( dari aktifitas merokok), obat penurun berat badan, asthma, pemakaian alkohol, jam tidur tidak teratur, malas bekerja atau beraktivitas.

Lingkungan, ternyata lingkungan juga bisa menyumbang gangguan susah tidur, dampak yang dihasilkan dari lingkungan diantaranya karena bising, atau cahaya yang terlalu terang.

Sakit Fisik. Hal ini juga sangat memungkinkan seseorang mengalami gangguan susah tidur, sakit fisik yang dialami seperti sesak nafas, nyeri dan lain lain juga menyumbang insomnia pada seseorang.

Insomnia dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan waktu

Yang pertama jika gangguan tidur ini terjadi pada tengah malam, dimana pada jam 21.00 – 22.00 bisa tidur dengan mudah, dan kemudian terbangun antara jam 24.00 – 02.00 dan tidak bisa tidur kembali.

Maka ini bisa di kategorikan sebagai insomnia yang lumayan berat bahkan bisa juga disebut dengan gangguan jiwa.

Yang kedua apabila gangguan susah tidur ini terjadi antara jam 03.00 – 04.00, dimana pada waktu tersebut seseorang terbangun kemudian tidak bisa tidur kembali, biasanya insomnia jenis ini dikaitkan dengan keadaan depresi berat.

Nah kira kira berada diposisi mana kah anda saat ini? Nah lho kena insomnia kah??

Jangan khawatir karena berikut ini akan diulas sedikit tentang manfaat ekstrak buah pala untuk insomnia.

Khasiat Biji dan Bunga Pala

Buah Pala mengandung senyawa kimia myristicin, elimicin, dan safrole sebesar 2 – 18% yang terdapat pada biji dan bunga pala.

Pala memiliki sifat menstimulasi berkhayal (halusigenik) dengan catatan dosis tidak melebihi 5 gram, mengapa?

Karena dosis diatas 5 gram, misalnya mengkonsumsi 8 gram atau lebih akan merubah sifat pala menjadi zat narkotika yang berbahaya, bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.

Sedangkan bunga pala dapat digunakan sebagai obat tidur dalam bentuk teh. Setiap 100 gram bunga kira kira mengandung air 16 gram, lemak 22 gram, minyak yang menguap 10 gram, karbohidrat 48 gram, fosfor 0,1 gram, dan zat besi 13 gram.

Warna merah dari fulinya adalah lycopene yang sama dengan warna merah pada tomat.

Cara Membuat Ramuan Buah Pala

Sediakan buah pala segar 1 biji ( kira-kira 20 gram ) dikupas kulitnya, dicuci lalu diparut. Hasilnya kemudian diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu satu sendok makan, aduk, diminum saat hangat-hangat kuku. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari bisa minum 1 – 2 kali.

Biji pala kering dengan ukuran 1/4 3/4-nya (2 – 4 gram) ditumbuk halus, seduh air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya. Aduk dan minum selagi hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silahkan minum 1 – 2 kali.

Bunga pala kering sebanyak 1/2 – 1 sendok teh diseduh air panas 1/2 gelas, campurkan madu secukupnya, aduk, lalu minum hangat hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari boleh minum 1 – 2 kali.

Demikian Manfaat Ekstrak Buah Pala Untuk Insomnia dan cara tradisional mengobati insomnia dengan pemanfaatan tanaman obat yang ada di sekitar kita, semoga bemanfaat.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *