Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung

2 min read

Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung

COBA GEH, S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung. ya kehadiran Program Studi S1 dan Profesi Bidan sepertinya Universitas Aisyah Pringsewu adalah Perguruan Tinggi Swasta yang Pertama di Lampung.

Pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan di Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 28/M/2020 tanggal 8 Januari 2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan.

Salinan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumatera Bagian Selatan secara resmi telah diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Prof. Slamet Widodo,.MS.,MM kepada Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep.

Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan lahir karena Pendidikan Kebidanan senantiasa mengalami perkembangan keilmuan. Pendidikan profesi merupakan kelanjutan dari program sarjana kebidanan. Lulusan pendidikan vokasi (DIII Kebidanan) harus melanjutkan pendidikan setara sarjana ditambah dengan pendidikan profesi bidan.

Bidan lulusan Diploma Tiga hanya dapat melakukan praktik kebidanan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Sedangkan Bidan lulusan pendidikan profesi dapat melakukan praktik yang lebih luas yaitu di Tempat Praktik Mandiri Bidan dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya.

Jika memang itu benar adanya dan diterapkan maka sebaiknya anda mengambil peluang untuk menjadi yang pertama sebagai lulusan Sarjana jenjang S1 maupun jenjang profesi bidan tersebut.

Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung

Sejak diterima salinan SK ijin pembukaan Program Studi Baru pada selasa 21 Januari 2020 oleh Rektor. Kini Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu memiliki Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi.

Itu artinya Program Studi S1 Bidan Profesi di Dunia pendidikan tinggi di Indonesia sudah bertambah lagi. Tentu saja menjadi yang pertama dan satu satunya di Lampung untuk Perguruan Tinggi Swasta.

Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung flayer

 

Kehadiran Bidan Profesi sepertinya membawa angin segar bagi para bidan sepertinya dilema untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang Profesi. Bagi Bidan yang berada di Lampung kehadiran Jenjang Profesi ini adalah keberuntungan, karena untuk melanjutkan kuliahnya tidak harus keluar Pulau.

Perhatian Yayasan Aisyah Lampung terhadap dunia kerja yang memang saat ini membutuhkan lulusan profesi sebagai pemenuhan jenjang karir. Terbukti keseriusan YAL menjawab kebutuhan pendidikan tersebut kini melahirkan ketersediaan S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung.

Seperti yang sebelumnya masih terngiang diingatan tentang kehadiran Universitas Pertama di Pringsewu, yang terlahir belum genap satu tahun. Kehadiran Universitas yang semula adalah Perguruan Tinggi, bahkan tidak sedikit yang beranggapan kehadirannya layaknya bayi prematur.

Kehadiran S1 Bidan dan Profesi Bidan ini menjadi pelengkap Program Studi di Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu. Sebelumnya di kampus ini sudah ada dua Prodi Kebidanan yakni DIII Kebidanan dan DIV Kebidanan.

Selain itu juga ada Program Studi Sarjana Keperawatan jenjang S1, Profesi Ners, Program Studi Gizi jenjang S1, dan Program Studi S1 Farmasi. Dan Kini Fakultas Kesehatan sudah memiliki delapan Program Studi.

Baca Juga : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Aisyah Pringsewu

Penerimaan Pendaftaran Mahasiswa Baru dan Biaya Kuliahnya

Setelah kehadiran Program Sarjana Kebidanan dan Profesi Kebidanan ini, sudah tentu akan membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa. Program Studi S1 Kebidanan bisa menerima calon mahasiswa baru dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sederajat. Juga dari lulusan Diploma III (DIII) Kebidanan.

Sedangkan untuk Profesi Kebidanan ini menerima calon mahasiswa dari lulusan Sarjana (S1) Kebidanan. Nah apakah untuk lulusan Diploma 4 (DIV) Kebidanan bisa mendaftarkan menjadi calon Profesi Bidan? masih menunggu konfirmasi dari pihak kampus.

Berapa biaya kuliah untuk Program Sarjana Kebidanan dan Profesi Kebidanan ini? saat ini masih menunggu konfirmasi dan segera akan kami update setelah mendapatkan rincian biayanya.

Semoga saja Biaya Kuliahnya murah seperti program studi yang lainnya, seperti selogan kampus ini yakni Kuliah Murah dan Bisa DiCicil.

Sementara informasi mengenai Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung ini kami sudahi, yup jangan lupa untuk tetap menunggu info info menarik lainnya ya. Tungu updae Biaya Kuliah Murah di Program Sarjana S1 Bidan Profesi Universitas Aisyah Pringsewu.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

64 Replies to “Program Sarjana S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung”

  1. Wah senengnya sekarang udah ada prodi S1 Bidan Profesi di Pringsewu. Oh iya emang bener ya ini yang Pertama di Lampung.

    Sukses untuk Yayasan Aisyah Lampung telah menghadirkan prodi profesi bidan di Pringsewu.

    Sukses juga untuk Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, semoga menjadi pionir pendidikan di Pringsewu.

    Semoga bisa mencetak lulusan Bidan yang terampil dan profesional, dan yang penting membangun persoalan yang berakhlakul Kharimah.

    1. Benar sekali, S1 Bidan Profesi Pertama di Lampung untuk perguruan tinggi swasta

      1. Alhamdulillah akhirnya bisa berdiri S1 Bidan Profesinya untuk PT swasta. Yang aku tau Kebidanan itu cuma D3.

        1. saat ini Universitas Aisyah Pringsewu merupakan perguruan tinggi swasta yang mampu menjawab kebutuhan dunia kerja terutama sebagai profesi bidan di lampung

          1. Setidaknya sudah ada lagi wadah untuk generasi yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang profesi kebidanan.

  2. Senang sekali ada kabar baik, untuk kuliah S1 Bidan dan Profesi kini sudah ada di Lampung. Tidak lagi harus ke pulau Jawa.

    Semoga pendidikan di Lampung semakin maju sehingga warga Lampung tidak lagi harus melanjutkan kuliahnya ke sebrang pulau.

    1. Iya kakak, kini di lampung sudah ada prodi S1 Bidan dan Profesi Bidan, jadi kalo mau lanjut kuliah ke Pringsewu saja, di Universitas Aisyah Pringsewu pastinya dan satu satunya kampus ungu di pringsewu

      1. waaah keren. saya baru tahu loh. kalau tahun2 sebelumnya banyak yg ambil S1 bidan di Kawa sekarang bisa tetap lanjutkan pendidikan di kampung halaman: Lampung. pastinya biaya jadi lebih murah ya

        1. Iya benar sekali kakak, kalo kuliahnya dekat denga rumah kan biaya hidup selama kuliah juga bisa di minimalkan

    1. yups, S1 Bidan dan Profesi dong Kakak,,, Pertama di Lampung loh…

      1. Jadi nantinya Lampung ga akan kekurangan tenaga kesehatan nih. Khususnya yg bantu ibu melahirkan krn udah ada s1 kebidanan dan profesi.

        1. benar sekali kakak, karena bidan juga harus di upgrade lagi ilmu pengetahuannya, meskipun di lapangan mereka sudah menjadi bidan terampil.

  3. Keren banget, nih, Yayasan Aisyah Pringsewu Lampung. Seperti mengejar prestasi, selalu ada hal baru dan capaian baru.
    Hal ini berdampak sekali di masyarakat.

    SUkses selalu, ya….

    1. Yang pasti memberikan pendidikan sesuai dengan kebutuhan

      1. Yap. Itu kewajiban moral dan akademis sebuah kampus kota. Seperti di kota saya juga, jurusannya jadi beragam karena memfasilitasi kebutuhan akademik warganya

  4. Bagus banget kak, di kabupaten saya sendiri bidan juga masih d3 kak. Semoga peningkatan pendidikan lanjutan bisa meluas keberbagai daerah

    1. Iya, kalo di daerahku pendidikan bidan sudah ada D3, D4, dan yang baru ini ketambahan S1 Bidan dan Profesi bidan

  5. Kenapa setelah kuliah kebidanan mesti mengambil pendidikan profesi lagi ya? Semua bidang rasanya harus ikut pendidikan profesi juga. Saya merasakannya di profesi keguruan. Dulu sih enggak gini.

    Serasa 4 tahun kuliah gak berguna

    1. Sepertinya untuk bidan ini mengikuti perkembangan peraturan yang di terapkan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang mana untuk mendapatkan ijin buka praktik mandiri harus memiliki ijazah profesi bidan. nah dari situlah langkah cepat dilakukan oleh yayasan aisyah lampung dengan membuka prodi profesi bidan di Universitas Aisyah Pringsewu.

      1. Iya, pak. Rata-rata memang ‘dipaksa’ oleh asosiasi yang menaungi agar setiap jurusan mesti mengambil pendidikan profesi. Termasuk pendidikan profesi bidan ini.

      2. Iya, semuanya juga sama ini. Yang keguruan juga mesti punya sertifikat keguruan. Aturan dari Badan Nasional Standarisasi Pendidikan gitu.

  6. Wahhh selamat kota Lampung turut bahagia dengernya.

    Saya baru aja dari Lampung tepatnya pulau pisang hehe

    1. iya kak, ayo sampaikan ke teman, sanak, saudara yang ada di lampung kalo mau kuliah s1 bidan atau profesi bidan ke universitas aisyah pringsewu saja

  7. Nah.. berarti kan bidan harus melanjutkan ke jenjang berikutnya supaya ilmunya di update terus… ga ada alasan kalau ga tersedia di perguruan tinggi… bahkan lampung saja sudah memiliki..semoga daerah lain juga menyusul

    1. betul kak, sepertinya bidan mulai menguprade pendidikannya hingga ke jenjang profesi, seperti keguruan dan keperawatan juga sudah ada program profesinya

  8. Jarang-jarang tuh ada S1 Program Kebidanan. Biasanya sampai DIII aja. Yang pertama lagi di lampung ya

    1. iya kak, ini malah menjadi prodi s1 bidan dan profesi bidan pertama di lampung untuk perguruan tinggi swastanya

      1. Salut! Semoga semakin berkembang dan semakin berkualitas dengan inovasi-inovasinya… Apalagi swasta ya itu luar biasa.

  9. Wah, kabar baik untuk dunia pendidikan dan kesehatan, khususnya Lampung. Jadi buat yang mau jadi bidan, gak perlu kuliah keluar provinsi.

    1. betul sekali kakak, kini ada prodi s1 bidan dan profesi bidan di lampung

  10. Kebidanan Unisa. Kalo istri saya ngajar di keperawatan Unisa, tp Yogyakarta. Unisa mulai ekspansi ke daerah2 ternyata dg spesialisasi keperawatan dan kebidanan.

    1. Saat ini di daerah juga mulai banyak perguruan tinggi, jadi anak anak daerah tidak lagi merasa keberatan untuk melanjutkan pendidikan, karena sudah ada kampus yang dekat dengan tempat tinggal.

      1. Lebih bisa meminimalisir biaya hidup ya kang kalau kuliah di daerahnya sendiri.
        Kebanyakan orang sekarang pendidikan diluar daerahnya, jadi biaya kehidupan seperti tempat tinggal aja udah mengeluarkan biaya berapa per bulannya..

  11. Saya baru tahu ada juga jurusan kebidanan di jenjang S1. Keren ini Mas, universitas swasta justru yang pertama buka program ini. Semoga dengan begitu, kualitas bidan lebih baik lagi.

    1. Iya kak, sepertinya Univeristas Aisyah Pringsewu ini berusaha memberikan solusi kebutuhan dunia pendidikan terutama di kebidanan

      1. Semoga jurusan S1 kebidanan Universitas Aisyah Pringsewu ini semakin baik dan mendapatkan akreditasi yang baik nantinya, Mas

  12. Wahh sudah ada ya sekarang, keren ih, makin maju aja UAP dulu kakakku yg bidan pingin S1 tapi kalo ke Jawa kasian dede bayinya ditinggal, jadinya ketunda, mungkin bisa jadi referensi ini, mantap sekali infonya, sayang aku anak jurusan sains bukan kesehatan hihi

    1. UAP memang beda, bener sekali untuk lanjut kuliah apalagi yang sudah berrumah tangga, keluarga juga menjadi pertimbangan. nah kalo ada yang dekat kenapa cari yang jauh. mending kuliahnya ke UAP aja iya kan…

  13. Keren nih ada S1 Bidan. Semoga angka kematian bayi baru lahir bisa ditekan yah. Ibu-ibu hamil juga lebih bisa diperhatikan. Tapi, gimana dengan paraji nya Kang (di Sunda = dukun beranak). Mudah-mudahan engga merasa tersaingi…

    1. Iya, dan kini seorang bidan harus memiliki ijazah profesi untuk mendapatkan ijin pembukaan praktik mandiri, solusinya ya kuliah lagi di univeristas aisyah pringsewu lampung

      1. Setuju. Berarti bidan harus kompeten dan bersertifikat ya. Semoga semakin maju Kebidanan dan dapat bekerjasama dengan seluruh lapiran masyarakat.

    1. Nah kebetulan kak, kini ada profesi bidan, jadi ga bingung lagi mau cari kemana yakan,,, ke universitas aisyah pringsewu aja

  14. Tentu menjadi angin segar buat calon mahasiswa/i yang ingin mengambil jurusan tersebut.
    Apalagi angkatan pertama, tentu menjadi kebangaan tersendiri.

    Semoga ini menjadi solusi buat lampung khususnya agar nggak perlu keluar provinsi lagi. Karena di lampung udah ada

    1. bener sekali, ayo kabarkan ke sanak saudara teman dan kerabat kalo di lampung sudah ada prodi s1 bidan dan profesi bidan loh

  15. wiiihh keren mas, sekarang bidan S1 sudah ada di Universitas Aisyah Pringsewu, Lampung.. semoga para yang ingin masuk bidan sini di sini tidak khawatir akan gelarnya

    1. bener sekali kakak, karena tuntutan profesi juga yang mengharuskan seorang bidan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang profesi bidan

  16. Alhamdulillah akhirnya masyarakat Lampung yang pengen s1 kebidanan sekarang gak perlu jauh² lagi ya kak.

    1. Bener sekali kakak, kini warga lampung sangat bergembira terutama bagi bidan yang ingin lanjut pendidikan dengan adanya prodi s1 bidan dan profesi bidan di lampung

  17. BIdan itu tenaga kesehatan yang berada di garis depan. Mereka menyebar sampai ke RT dan RW. Idealnya sih dalam 1 RW ada 1 bidan. Karena, warga lebih nyaman dengan para perempuan tangguh ini. Mereka juga jadi figur masyarakat.
    Alhamdulillah sudah ada S1 Bidan di Lampung

    1. Bener sekali, profesi bidan memang menjadi penentu bagi kelangsungan hidup, karena proses kelahiran yang berhasil karena adanya pertolongan bidan yang terampil

  18. Meskipun bukan orang Lampung, tapi ikut senang membacanya. Semoga pendidikan di Lampung semakin maju.

    1. Iya Kak, kami pun bangga dengan adanya pendidikan profesi bidan di lampung, jadi bagi warga lampung yang mau lanjut kuliah profesi bidan tidak lagi harus kepulau jawa

  19. Tenaga kesehatan dan tenaga kependidikan adalah hal wajib yang harus terus digenjot pemerintah pusat dan daerah. Selamat untuk daerahnya mas.

  20. Januari 2020 bukannya sudah nggak ada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, sudah menjadi satu/melebur dengan kemdikbud?

  21. Kang Putra, ini menolong sekali buat bidan yang sudah amd ya..
    Jadi ketika lanjut S1 Akbid, selain gak perlu ke luar pulau, uang kuliah bisa dicicil.. sangat membantu sekali..

  22. Keren nih Lampung punya program ini, semoga lulusannya bisa membawa dampak bagi Masyarakat Lampung

  23. Kehadiran sekolah bidan, sangat membantu untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak terutama di daerah. Karena, sejak masa kehamilan, para ibu sudah bertemu dengan tenaga kesehatan yang profesional. Aku senang banget tahu hal begini.

  24. Ikut bangga deh finally ya di Lampung ada wadah untuk kuliah profesi Bidan. Semoga banyak peminatnya dan bisa memenuhi kebutuhan tenaga bidan di Lampung dan Pulau Sumatera.

  25. Saya pernah juga sekolah di Lampung, tapi di Panjang. Belum pernah sih ke Pringsewu. Ternyata baru ada ya S1 bidan profesi

  26. Kalau di tempat saya kebidanan umumnya cuma D3. Ini S1 berarti berarti lebih banyak materi yang didapat ya

  27. aku kalo ingat cita-cita yang pernah diopsikan dari ayahku, buatku kuliah di kebidanan tapi akunya gamau hihi. Dan gitu yah, untuk yg D3 masih bisa praktik namun terbatas, tidak seperti yang S1 dan sudah mengambil profesi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *