Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Cara Mengatasi Insomnia Tanpa bantuan Dokter

2 min read

Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Bantuan Dokter

COBA GEH, Cara Mengatasi Insomnia. Bagaimana rasanya ketika anda merasa kurang tidur? Pusing itu sudah pasti, kepala terasa berat dan badan terasa pegal pegal. Insomnia sendiri merupakan gangguan susah tidur.

Bagi anda yang memiliki kesibukan hingga larut malam sangat rentan terkena ganguan insomnia. Terlebih, bagi anda yang selalu mengabaikan jam tidur malamnya, gangguan insomnia bisa dirasakan kapan saja, terlebih bagi anda yang kurang tidur.

Insomnia merupakan gangguan yang bisa saja melanda bagi yang memiliki kelaian dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala ini ditandai dengan gangguan fungsional pada organ tubuh saat bangun.

Sesuai dengan perkembangan jaman seperti sekarang, banyak orang yang memiliki jam kesibukan sangat padat, yang mengakibatkan mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Mereka akan merasa sangat terganggu karena pada keesokan harinya harus melakukan aktivitas, dan mereka pun akan sering mengeluhkan pusing karena kurangnya waktu tidur yang berkualitas di malam hari.

Pada dasrnya insomnia ini bisa disebabkan karena stress, depresi, ketakutan. Bahkan terkadang penderita insomnia justru mengalami kondisi badan dan otak tidak merasa lelah.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Anemia Pada Remaja Putri

Siapapun tentu tidak ingin jam tidur malamnya terganggu karena menderita insomnia. Nah, bagi anda yang kini sedang menderita insomnia, berikut ada beberapa langkah untuk mengobatinya:

Buatlah Suasana Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Kenyamanan saat istirahat memang penting dan harus diperhatikan, anda bisa mengatur tempat tidur anda sesuai dengan yang dinginkan supaya pikiran dan hati anda bisa terfokus pada tempat tidur.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan pikiran anda masih teringat pada kesibukan pada siang hari sehingga hal-hal yang sudah anda lakukan untuk sesaat bisa anda lupakan.

Apabila sudah seperti itu, maka secara perlahan anda akan merasa tenang dan dalam sekejap anda akan tertidur

Lakukan Meditasi dan Latihan Pernapasan

Cara meditasi ini sudah sering digunakan untuk menenangkan fikiran oleh orang sejak zaman dulu. Dengan meditasi dan latihan pernapasan bisa memfokuskan pikiran pada satu titik tertentu sehingga pikiran dan tubuh akan terasa rileks. Dengan begitu anda bisa melupakan aktifitas dan kesibukan untuk sesaat dan anda bisa segera tertidur dengan baik.

Usahakan Jangan Tidur Pada Siang Hari

Bagi anda yang mengalami gangguan insomnia, usahakan jangan tidur siang meskipun dalam keadaan mengantuk. Jika anda memilih tidur pada siang hari, maka anda akan sangat kesulitan untuk tidur pada malam hari.

Jauhi Tempat Tidur Saat Tidak Merasa Mengantuk

Terkadang kebiasaan tersebut justru mengakibatkan insomnia kronis, karena saat pikiran tidak bisa memasuki alam bawah sadar, kita dipaksa untuk segera tidur.

Akibatnya tempat tidur menjadi musuh terbesar sehingga berada di tempat tidur saat tidak mengantuk mengakibatkan pikiran menolak untuk beristirahat.

Maka, saat tidak merasa mengantuk, sebaiknya jauhi tempat tidur dan lakukan aktivitas yang membuat anda merasa nyaman. Saat anda merasa lelah, tentu anda akan merasa mengantuk.

Jangan Minum Kopi Pada Malam Hari

Perlu di ketahui bahwa minuman kopi mengandung kafein tinggi. Kandungan kafein pada kopi bisa memberikan efek aktif yang mengakibatkan siapa saja yang mengkonsumsinya pada malam hari akan merasakan kesulitan untuk tidur. Untuk itu sebaiknya hindari meminum kopi pada malam hari.

Baca Juga : 25 Keuntungan Hidup Sehat Tanpa Merokok

Makanlah Sedikit Keju, Tuna dan Kedelai Sebelum Tidur

Tahukah anda bahwa mengkonsumsi makanan seperti keju, tuna dan kedelai mengandung zat tryptophan yang bisa menenangkan dan membantu anda untuk tidur lebih cepat.

Selain itu anda juga dapat meminum susu hangat sebelum tidur, karena susu hangat dapat menenangkan pikiran anda dan menghasilkan waktu tidur anda yang berkualitas.

Mandi Air Hangat

Dengan mandi air hangat sebelum tidur, membuat badan terasa rileks dan segar. Jadi mandi air hangat adalah cara efektif agar anda bisa cepat tidur lelap.

Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Cara ini merupakan cara yang paling ampuh, karena sebagai makhluk Tuhan, kita pasti akan merasa tenang saat menyerahkan segala permasalahan kita di luar sana pasa Tuhan Yang Maha Kuasa.

Demikian cara mengatasi insomnia tanpa bantuan dokter yang bisa saya bagikan. Semoga tips yang kami berikan di atas dapat memberi manfaat positif untuk anda.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *