Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

25 Keuntungan Hidup Sehat Tanpa Merokok

3 min read

Keuntungan Hidup Sehat Tanpa Merokok

COBA GEH, Hidup Sehat Tanpa Merokok. Apakah anda seorang perokok? Atau lingkungan pergaulan anda adalah perokok. Baik itu perokok aktif maupun perokok pasif sama sama banyak keburukannya.

Ada baiknya anda berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya, jika tidak bisa ya paling tidak mengurangi. Bukankah anda sayang dengan diri anda, tentu saja terhadap keluarga anda seperti anak atau istri anda.

Disini akan diulas mengenai keuntungan hidup sehat tanpa merokok. Bisa jadi keuntungan untuk anda dan keluarga atau lingkungan anda. Untuk itu mari kita simak dengan seksama, siapa tahu setelah membaca ini anda mempunyai niat untuk berhenti merokok.

Apabila selama ini ancaman kesehatan dan kerugian yang di akibatkan oleh merokok tidak mampu membuat seseorang berhenti merokok. Nah bagaimana kalau menjelaskan semua keuntungan yang akan diperoleh apabila tidak merokok? Berikut ini akan dijelaskan paling tidak 25 keuntungan apabila Anda tidak merokok.

25 Keuntungan Hidup Sehat Tanpa Merokok

Seperti yang kami kutip dari Health, pada Rabu (6/1/2010) lalu, bahwa peneliti dari Peninsula Medical School, Inggris menjelaskan bahwa ternyata banyak keuntungan yang akan diperoleh apabila seseorang tidak merokok, diantaranya 25 keuntungan berikut.

1. Hemat. Seseorang yang tidak merokok bisa menghemat, tidak harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli rokok dan uang tersebut bisa digunakan untuk membeli barang-barang lain sesuai dengan yang diinginkan.

2. Dengan tidak merokok maka akan lebih sedikit bakteri, bahkan bisa meminimalisir bakteri yang masuk ketika menghisap rokok. Karena dengan merokok sama saja dengan menghirup bakteri yang bisa membuat sakit.

3. Bisa jadi lebih pintar karena terhindar dengan tidak merokok maka akan terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang akan merusak otak.

4. Dengan tidak merokok maka anda akan memiliki gaya bercinta, bahkan kemampuan dalam seksual menjadi lebih baik karena aliran darah dan sirkulasi darah dalam tubuh lebih baik dan bersih.

Baca Juga : Waspada Faktor Penyebab Hipertensi

5. Tidur lebih nyenyak bahkan bisa lebih baik dari pada yang merokok karena nikotin itu sendiri merupakan zat yang dapat mengganggu produksi hormon tidur.

6. Mempunyai tulang yang lebih sehat dan kuat, hal ini karena kepadatan mineral yang ada pada tulang tidak akan tercuri dan berkurang akibat merokok.

7. Terhindar dari penyakit psoriaris berdasarkan studi terkini memaparkan ada hubungan antara perokok dengan penyakit kulit psoriaris.

8. Merasakan tubuh menjadi lebih hangat dan tidak kedinginan hal ini di karenakan sirkulasi darah akan berjalan lancar dan menghangatkan tubuh.

9. Bagi anda yang mempunyai penyakit AIDS, dengan tidak merokok maka tidak akan mengalami proses kemunduran daya tahan tubuh dengan cepat. Justru anda akan terhindar dari penyakit kronis yang disebabkan rokok, terutama penyakit pada jantung yang mempunyai 4 kali lipat resikonya.

10. Dengan Tidak Merokok maka akan terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak yang disebabkan oleh asap rokok yang masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

11. Tanpa Rokok maka gigi anda akan nampak terlihat lebih bersih dan sehat karena zat kimia yang terkandung dalam rokok tidak masuk ke dalam mulut sehingga tidak akan merusak gigi.

12. Keriput diwajah lebih sedikit karena merokok dapat merusak jaringan dan elastisitas kulit setelah 10 tahun.

13. Indera penciuman anda akan lebih baik sehingga dalam mengonsumsi makanan juga terasa lebih nikmat.

14. Dengan tidak merokok bisa mengurangi resiko kebotakan pada rambut, anda akan memiliki rambut yang lebih kuat dibandingkan dengan yang merokok.

15. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat sehinga diri anda akan lebih produktif karena jarang sakit.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Untuk Penderita Asam Urat

16. Bisa menghindari stres yang di sebabkan karena tekanan keluarga dan orang yang ingin Anda agar berhenti merokok.

17. Salaha satu masalah yang dihadapi oleh perokok adalah terserang penyakit batuk atau bronkhitis. Dengan tidak merokok maka anda akan terhindar dari batuk dan bronkitis yang sangat mengganggu.

18. Dengan tidak merokok sama saja anda sudah menyelamatkan bayi dan anak-anak dari gangguan asap rokok.

19. Kesuburan dan kesehatan sperma adalah impian bagi keluarga baru, nah dengan menghindari rokok maka sperma yang anda miliki akan lebih banyak dan sehat karena bahan kimia yang terkandung dalam rokok bisa menimbulkan risiko sperma cacat akibat bahan kimia rokok tersebut.

20. Ini penting karena pasangan anda akan lebih mencintai anda, hubungan akan terasa lebih harmonis karena pasangan anda tidak akan terganggu dengan aroma rokok yang keluar dari mulut anda. karena kebanyakan wanita tidak menyukai aroma bau asap rokok.

21. Dengan berhenti merokok maka anda akan menjadi contoh dan figur yang baik bagi teman yang ingin berhenti dari kebiasaan merokok.

22. Pernafasan anda akan terasa lebih panjang karena karbonmonoksida yang dihasilkan dari rokok tidak akan masuk ke dalam darah yang membatasi jumlah oksigen masuk pada saat bernafas.

Baca Juga : Kenali Faktor dan Pengobatan Hipertensi

23. Kemungkinan untuk hamil akan lebih besar bagi anda yang tidak merokok dan bisa terhindar dari kanker ovarium atau rusaknya sel-sel telur dan fungsi reproduksi wanita.

24. Bisa meminimalisir risiko melahirkan anak cacat yang disebabkan karena zat kimia yang terkandung dalam rokok sehingga bisa menyebabkan mutasi gen yang diturunkan pada anak.

25. Dengan tidak merokok maka anda akan memiliki usia lebih panjang karena setiap satu batang rokok yang anda hisap mampu mengurangi 11 menit kesempatan hidup.

Kesimpulan

Hidup Sehat Tanpa Merokok adalah menjadi pilihan bagi kita semua. Dalam kehidupan kita, seperti kebiasaan yang sudah kita lakukan dari merokok, bisa kita perbaiki. Salah satunya dengan niatkan dalam hati untuk berhenti merokok

Sayangi diri anda, anak, keluarga dan tentu saja orang orang yang ada disekitar anda. Karena mereka juga memiliki keluarga seperti anda. Semoga dengan membaca 25 keuntungan hidup sehat tanpa merokok diatas bisa memotivasi anda untuk berhenti merokok.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *