Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan

3 min read

Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan

COBA GEH, Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan. Pepaya merupakan buah yang kaya akan serat, secara tradisional maupun medis modern buah pepaya mampu melancarkan pencernaan. Rasa buah yang manis dan daging buah yang lembut, membuat buah ini banyak disukai oleh banyak orang.

Selain daging buahnya yang muda bisa di sayur, daging buah yang tua dan matang bisa langsung dimakan. Daun muda pepaya juga bisa untuk lalapan dan bisa disayur juga. Bahkan getahnya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat.
tidak harus menghabiskan banyak uang ke dokter, apabila anda mengalami gangguan kesehatan ringan cukup dengan getah pepaya bisa sembuhkan beberapa penyakit di bawah ini.

Pepaya, buah tropis yang tumbuh di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan tidak Cuma pada daging buahnya saja, namun daun pepaya juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Nah apakah anda sudah tahu jika ada lagi bagian dari buah pepaya yang memiliki manfat untuk kehidupan?

Bagian lain selain daging dan buah yang dimaksud adalah getah pepaya. Perlu diketahui juga bahwa getah pepaya akan terasa gatal bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif. Namun, apabila digunakan dengan benar, getah pepaya ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kehidupan.

Getah pepaya bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk kesehatan saja tapi juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Mari kita simak ulasan berikut ini mengenai manfaat getah pepaya yang bisa kita rasakan.

Getah Pepaya Untuk Obat Luka Bakar

Getah buah pepaya memiliki khasiat untuk mengobati luka bakar. Namun luka bakar yang boleh ditangani menggunakan getah pepaya ini hanya untuk luka bakar tingkat ringan saja.

Apabila terjadi luka bakar berat sebaiknya ditangani oleh dokter, paling tidak ditangani oleh tenaga medis seperti perawat karena dikhawatirkan bisa mengalami infeksi jika diobati menggunakan getah pepaya saja.

Cara dalam pengobatan luka bakar ringan dengan getah pepaya cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan getah pepaya ke luka bakarnya, pengolesannya pun jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja yang penting rata. Namun ingat ini hanya untuk luka bakar ringan saja ya.

Penting untuk diperhatikan, sebelum mengoleskan ke luka bakar, getah pepaya sebaiknya dibalurkan terlebih dahulu ke kulit tangan dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.

Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah getah pepaya cocok dengan kulit kita atau tidak. Apabila kulit yang sudah diolesi getah pepaya tadi menunjukkan reaksi berupa gatal atau panas, sebaiknya urungkan niat untuk mengoleskan getah pepaya pada luka bakar tersebut.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Anemia Pada Remaja Putri

Getah Pepaya untuk Penghilang Jerawat

Tidak disangka, kalau getah pepaya yang gatal ini bisa dijadikan obat penghilang jerawat. Hal tersebut bisa digunakan karena getah pepaya dipercaya mengandung zat papain yang bisa digunakan untuk mengusir jerawat.

Jadi, apabila ada jerawat di wajah kalian dan memiliki tanaman buah pepaya di rumah, silahkan untuk dicoba.

Untuk menghilangkan jerawat di muka bisa dengan langsung mengoleskan getah pepaya ke kapas terlebih dahulu. Kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat.

Setelah dioleskan pada bagian yang ada jerawatnya kemudian diamkan sampai getah tersebut mengering selanjutnya bilas muka menggunakan air hangat. Lakukan langkah langah tadi sampai jerawat di wajah benar-benar menghilang.

Ingat ya,, jika sudah dicoba ke kulit tangan dan hasilnya anda merasa gatal, sebaiknya urungkan niat untuk menggunakannya ke muka yang ada jerawatnya. Daripada nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik mencegah sebelum terlambat.

Megobati Bisul Dengan Getah Pepaya

Bisul memang menjadi hal yang paling menyebalkan. Bagaimana tidak, coba ketika kita dengan tidak sengaja menyentuh penyakit yang berupa tonjolan tersebut sangat sakit. Sehingga, bisul harus segera disembuhkan agar tidak terasa sakit.

Namun tenang saja, getah pepaya dapat mengatasinya. Hanya dengan membalurkan getah pepaya tersebut langsung ke area bisul.

Selanjutnya, diamkan getah pepaya tersebut selama satu menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat.
Mengobati bisul menggunakan getah pepaya ini harus dilakukan secara rutin pada pagi dan malam hari. Agar bisul lebih cepat menghilang dari tubuh kita.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Untuk Penderita Asam Urat

Tumit Pecah Bisa Dihilangkan Dengan Getah Pepaya

Tumit pecah memang menjadi momok bagi setiap wanita yang memang mementingkan penampilannya. Bahkan ada yang tidak berani keluar rumah hanya menggunakan sandal karena mesara tumitnya pecah pecah.

Namun, anda tidak harus merasa cemas ataupun berputus asa hanya karena tumit pecah. Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan getah pepaya.

Caranya pun masih sama seperti mengobati jerawat dan mengobati bisul yaitu dengan membalurkan getah pepaya tersebut ke tumit kaki yang pecah-pecah.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan pembaluran menggunakan getah pepaya dua kali dalam sehari. Dijamin, tumit kalian akan menjadi lebih mulus.

Hilangkan Rasa Sakit Gigi Dengan Getah Pepaya

Tidak ada yang bisa menahan rasa sakit gigi. Sakit gigi bisa bikin pusing dan bahkan tidak bisa tidur. Bisa jadi gangguan insomnia ini di sebabkan karena sakit gigi.

Biasanya, orang yang sakit gigi langsung saja dibawa ke dokter supaya tidak berlanjut, namun perlu diketahui juga bahwa dokter tidak akan mencabut gigi dalam keadaan sakit. Pasti hanya akan diberi obat pereda rasa sakit dan disuruh pulang lagi, nah kalo rasa sakitnya sudah hilang baru ke dokter dan baru mau mencabut gigi.

Nah untuk solusi sementara, ya ini solusinya sementara loh ya. Namun apabila cocok maka akan sembuh dari sakit giginya. Dengan getah buah pepaya, anda tidak perlu khawatir lagi. Dengan mengoleskan getah pepaya pada kapas lalu kemudian ditempelkan pada gigi yang sakit mampu meredakan rasa sakitnya.

Baca Juga : Manfaat Ekstrak Buah Pala Untuk Insomnia

Lakukan tiga kali dalam sehari agar sakit gigi bisa cepat mereda. Getah pepaya yang sering diremehkan karena gatal ternyata memiliki banyak manfaatnya. Mulai dari mengobati luka bakar ringan, menghilangkan jerawat, meredakan bisul, menghilangkan tumit yang pecah pecah sampai meredakan sakit gigi.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari getah pepaya yang memang sering kita remehkan karena ketidak tahuan kita akan manfaat dari getah pepaya tersebut. Setelah penjelasan akan manfaatnya semoga bisa diaplikasikan dengan benar.

Jangan lupa untuk tetap berhati hati, dan saran lebih baik konsultasikan penderitaan anda kepada yang lebih ahli seperti dokter atau perawat terdekat, atau yang anda percayai. Semoga sehat selalu.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

One Reply to “Manfaat Getah Pepaya untuk Kesehatan”

  1. Aku pernah disuruh olesin bisul pake getah paya. Dan rasanya tuh agak gatel. Tapi emang mayan bisa ngurangin peradangannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *