Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Penyebab dan Solusi Anemia Pada Remaja Putri

1 min read

Penyebab dan Solusi Anemia Pada Remaja Putri

COBA GEH, Penyebab dan Solusi Anemia. Banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari pada saat mengalami anemia. Bahkan banyak juga yang menyangkal ketika gejala anemia dirasakan, namun bagi yang mengalaminya tidak menyadari kalau mereka sedang terkena anemia.

Bahkan yang sering tidak menyadari akan terkenanya penyakit anemia ini adalah remaja putri. Dimana remaja putri justru yang banyak mengalami anemia. Namun malah tidak menyadari bahwa sedang dalam kondisi darah rendah.

Apa Itu Anemia?

Anemia merupakan suatu penyakit yang diderita oleh manusia dimana manusia tersebut memiliki kadar Hemoglobin (HB) yang terkandung dalam darah kurang dari ukuran Normal. Kekurangan tersebut yang disebabkan oleh kurangnya zat besi (Fe). Anemia ini lebih dikenal sebagai penyakit kurang darah.

Apa Penyebab Anemia?

Sebenarnya banyak sekali penyabab yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan anemia ini. Bahkan dari masing masing individu juga akan berbeda kasus yang menyebabkan terkena penyakit anemia ini.

Beberapa penyebab terjadinya gangguan anemia diantaranya:

  • Makanan yang dikonsumsi setiap harinya tidak banyak mengandung zat besi dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan setiap orangnya.
  • Meningkatnya kebutuhan akan zat besi yang dialami dalam tubuh, misalnya karena masa remaja, ibu hamil, atau sedang dalam gangguan penyakit TBC.
  • Meningkatnya pengeluaran zat besi dari dalam tubuh yang disebabkan karena perdarahan akibat mengalami kecelakaan, melahirkan. Atau kehilangan darah akibat menderita penyakit malaria, kecacingan, haid, dan lain sebagainnya.

Mengapa Wanita dan Remaja Putri Sering Menderita Anemia?

Wanita dan Remaja Putri lebih serung terkena gangguan anemia dibandingkan dengan Laki laki. Pada umumnya yang terserang penyakit darah rendah ini akan merasakan keluhan sakit di kepala dengan kata lain sering merasakan pusing.

Berikut ini beberapa alasan mengapa wanita dan remaja putri justru lebih sering terkena gangguan anemia.

  • Pada umumnya wanita dan remaja putri kurang mengkonsumsi lauk dari hewani, sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan dalam tubuhnya.
  • Remaja Putri dan wanita biasanya sering mengurangi porsi makannya (diet) karena ingin terlihat langsing atau wanita lebih merasa takut gemuk daripada laki laki.
  • Wanita dan remaja Putri mengalami menstruasi (haid) setiap bulannya, hal ini yang menyebabkan kebutuhan akan zat besi dua kali lebih banyak dari pada kebutuhan pada laki laki.

Bagaimana Tanda Tanda Anemia?

Untuk mengetahui apakah anda atau seseorang sedang mengalami gangguan anemia, berikut ini ada beberapa tanda yang bisa anda ketahui.

  • Biasanya penderita gangguan anemia akan merasakan 5 L yakni ( lemah, letih, lesu, lelah, lalai).
  • Akan merasakan sering pusing
  • Pandangan pada mata terasa berkunang kunang
  • Tampak pucat pada bagian tubuh¬† seperti ( kelopak mata, bibir, lidah, kuku, dan bagian telapak tangan)

Akibat Anemia Yang dirasakan Pada Remaja Putri

Apabila anda mendapatkan gangguan anemia, maka yang akan anda rasakan diantaranya seperti berikut ini

  • Dapat menurunkan semangat konsentrasi dan prestasi belajar
  • Mengganggu pertumbuhan badan sehingga tidak bisa mencapai tinggi badan yang optimal
  • Menurunkan fungsi dan daya tahan tubuh
  • Menurunkan prestasi olahraga
  • Rentan terkena infeksi karena kekebalan tubuh yang berkurang.

Bagaimana Solusi dan Mencegah Anemia?

Apabila anda terkena gangguan anemia, berikut ini ada beberapa solusi untuk mencegah atau mengobati anemia.

  • Meningkatkan konsumsi makanan sehari hari yang banyak mengandung zat besi seperti bahan makanan nabati dan bahan makanan hewani
  • Mengobati penyakit yang dapat menyertai anemia seperti cacingan, malaria, TBC
  • Minum suplemen zat besi misalnya Tablet Tambah Darah (Fe)

Nah itu tadi merupakan pembahasan mengenai anemia pada remaja putri. Semoga anda bisa mengendalikan diri untuk bisa terhindar dari penyakit anemia. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap jaga terus kondisi badan agar sehat.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *