Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tips Pijat Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

1 min read

Tips Pijat Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

COBA GEH, Pijat Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan. Tidak semua treatment dalam spa yang boleh diberikan pada ibu hamil maupun ibu pasca melahirkan. Salah satu treatment yang harus di perhatikan adalah pijat.

Hal tersebut sangatlah penting untuk diketahui, apalagi bagi ibu ibu muda yang baru saja mengalami masa kehamilan pertama kalinya atau melahirkan anak pertamanya.

Biasanya suka minta dipijat ketika merasakan badannya mulai tidak enak atau tidak nyaman. Umumnya bagian tubuh yang boleh dipijat dan tidak beresiko adalah bagian betis, tangan, punggung, dan leher.

Tips Pijat Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memijat ibu hamil dan juga pada ibu pasca melahirkan. Dengan mempertimbangkan beberapa hal baik itu kebaikkannya maupun keburukannya dalam melakukan tindakan pemijatan.

Pijat untuk ibu Hamil

Pada saat melakukan body massage. ibu hamil harus berada pada posisi miring atau terlentang. tidak boleh telungkup seperti pada Spa biasa

Jika pijat dilakukan dalam posisi ibu telentang atau duduk, pastikan kandungan tidak bermasalah. Tekanan tangan pada saat memhatun dan me-massage tubuh harus tepat, tidak boleh terlalu kencang.

Hindari memijat pada tubuh bagian perut. pinggang, karena pada bagian ini sangat rentan berkontak Iangsung dengan janin dan bisa memicu kontraksi.

Jika pijatan dirasa menimbulkan kontraksi, apapun metode dan cara memijatnya. segera hentikan.

Perhatikan keseimbangan elektrotit ibu hamil. Beberapa program spa bisa menyebabkan tubuh memproduksi keringat secara berlebihan.

Jadi, ada baiknya untuk dihindari supaya ibu hamil tersebut tidak mengalami kekurangan cairan. Selain itu, suhu panas juga bisa meningkatkan produksi hormon prostaglandin yang akan merangsang kontraksi rahim.

Hindari berendam di bathtub, aktifltas berendam dapat diganti dengan melakukan shower.

Body steam juga sebaiknya jangan dilakukan dulu karena dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami kontraksi. Sebagai gantinya, ibu bisa menjalani body compress. Yakni dengan menggunakan handuk yang sebelumnya direndam dalam air panas.

Jika kulit tidak sensitif. lulur dan scrub bisa dilakukan karena dapat mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

Pastikan juga ibu hamil tersebut memperoleh jasa pijat oleh terapis/orang yang memahami, terlatih, dan berpengalaman dalam memijat ibu hamil.

Perhatikan juga Kontra lndikasi Pijat lbu Hamil ketika dilakukan perawatan pijat yang mungkin akan terjadi apabila tidak dilakukan dengan baik dan benar :

  • Nyeri perut
  • Keguguran berulang
  • Flek (spotting) atau pendarahan
  • Mual dan muntah berlebih
  • Keputihan
  • Bengkak berlebih
  • Demam
  • Ruam kulit
  • Hipertensi

Baca Juga : Waspada Faktor Penyebab Hipertensi

Pijat untuk lbu Pasca Melahirkan

lbu melahirkan ada yang melahirkan dengan normal ada pula yang melahirkan dengan operasi / sectio caesar, beberapa treatment boleh dilakukan pada keduanya, namun juga ada perbedaan dari masa diperbolehkannya treatment tersebut diberikan.

Hal-Hal yang harus diperhatikan:

Untuk ibu yang melahirkan secara normal, dapat melakukan treatment spa setelah masa nifas selesai yaitu kurang lebih 40 hari

Untuk ibu yang melahirkan secara operasi / sectio caesar boleh melakukan serangkaian treatment spa setelah luka operasi sembuh yaitu kurang lebih 3-6 bulan. Beberapa treatment yang bisa dipastikan tidak mempengaruhi kondisi kesehatan ibu bisa tetap dilakukan. misalnya pijat oksntosin.

Anda sudah membaca tips memijat ibu hamil dan ibu pasca melahirkan. Semoga tips yang kami berikan bisa menjadi alternatif cara mengurangi rasa lelah, letih yang dialami oleh ibu hamil. Jika ulasan ini dirasa bermanfaat sialahkan di share ya.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *