Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tata Tertib Praktik Mahasiswa Kesehehatan dan Petunjuk Teknis

2 min read

Tata Tertib Praktik Mahasiswa Kesehehatan dan Petunjuk Teknis

COBA GEH, Tata Tertib Praktik Mahasiswa. Praktik adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat lulus mata kuliah.

Praktik ada beberapa jenis diantaranya praktik mandiri dan berkelompok, juga ada praktik di kampus dan praktik di lahan.

Praktik juga kegiatan untuk melatih skil mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan secara teori. Dalam silabus mata kuliah biasanya ada pembagian pembelajaran, salah satunya ada praktik setelah teori di dalam kelas.

Untuk melakukan praktik bagi mahasiswa kesehatan juga terdiri dari praktik di kampus dan praktik di lahan praktik seperti klinik atau rumah sakit.

Dalam melakukan praktik juga mahasiswa mendapatkan beberapa pedoman, salah satunya tata tertib praktik dan petunjuk teknisnya selama mahasiswa melakukan praktik di lahan.

Berikut ini akan di jelaska tata tertib dan petunjuk teknis bagi mahasiswa selama melakukan kegiatan praktikum. Praktik yang dilakukan di laboratorium kampus dan di lahan praktik seperti klinik atau rumah sakit.

Tata Tertib Praktik Mahasiswa di Kampus (Micro Teaching)

Ketentuan Umum dalam melakukan praktik di kampus, mahasiswa harus mematuhi beberapa point penting berikut ini.

1. Setiap kelompok mahasiswa PPL didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

2. Setiap kelompok mahasiswa waktu akan berangkat ke lapangan diberi arahan oleh DPL.

3. Setiap mahasiswa yang namanya tercantum dalam pengumuman penempatan diharuskan hadir di akademi tempat praktik secara rombongan pada tanggal yang telah ditentukan DPL dan Institusi tempat PPL dengan membawa berkas penempatan dari bagian pendidikan kampus.

4. Penyerahan mahasiswa ke lapangan.

5. Untuk pertama kali hadir diakademi/tempat praktik, rombongan mahasiswa tersebut dipimpin oleh koordinator/Dosen Pembimbing Lapangan, dan selanjutnya menyerahkan rombongan mahasiswa kepada pihak akademi tempat pendidik.

6. Kelompok mahasiswa yang ditempatkan disuatu akademi tempat praktik harus ada ketua dan wakil ketua yang dipilih oleh dan dari anggota itu sendiri. Selama PPL, praktikan harus berkumpul mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan PPL. Jika diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dapat mengundang dosen pamong. Dosen pembimbing atau supervaisor.

7. Setiap mahasiswa hanya mengikuti praktik pembelajaran pada akademi dan dosen pamong yang telah ditunjuk oleh bagian pendidikan.

8. Setiap mahasiswa yang telah ditetapkan pada tempat praktik tidak diijinkan pindah tempat praktik atau pindah dosen pamong tanpa seijin bagian pendidikan.

9. Apabila praktikan berhalangan hadir karena sesuatu hal yang dapat dipertanggungjawabkan, hendaknya memberi tahu secara tertulis kepada Direktur akademi/dosen pamong yang bersangkutan bagi yang berhalangan hadir bukan karena sakit baru memberitahukan sekurang-kurangnya dua hari sebelumnya. Jika berhalangan hadir lebih dari dua hari, selain memberitahukan kepada dosen pamong dan Direktur akademi. Juga memberitahukan kepada Kepala bagian pendidikan.

10. Waktu/jadwal untuk mengadakan orientasi, adaptasi dan penampilan ditentukan oleh dosen pamong / Direktur akademi yang bersangkutan.

11. Sebelum penampilan di kelas dimulai, LP (Lesson plan) harus dikonsultasikan dan ditandatangani oleh dosen pamong.

12. Ketentuan untuk penampilan kelas dan pembuatan Lesson Plan:

a. Materi pelajaran dan pokok bahasan ditentukan atas persetujuan dosen pamong.

b. Setiap praktikan hanya dibenarkan mengajarkan mata pelajaran yang sesuai dengan jurusannya.

c. Jumlah penampilan selama kegiatan PPL minimal 2-4 kali dengan ketentuan seperti di bawah ini:

  1. Penampilan pengajaran yang bersifat pengetahuan sebanyak 1-2 kali dan pengajaran yang bersifat keterampilan 1-2 kali.
  2. Materi pelajaran yang diajarkan lebih dari dua jam pelajaran dalam satu kali pertemuan digunakan perhitungan sebagai berikut : 3 – 4 jam pelajaran = 2 X, 5 – 6 jam pelajaran = 3 X
  3. Lesson plan harian dibuat dengan tulisan tangan dalam sebuah buku tulis ukuran folio. Perbaikan/komentar dari dosen pamong harus dibuktikan dalam buku tersebut.

e. Jumlah Lesson plan selama kegiatan PPL minimal 2-4.

13. Selama praktik harus mentaati ketentuan-ketentuan dibawah ini:

a. Pakaian

  1. Pakaian harus rapi, sopan, tidak transparan dan tidak mencolok atau mengundang tawa, cemoohan dari mahasiswa serta menggunakan jilbab.
  2. Tidak diperkenankan memakai pakaian santai, seperti jeans, kaos oblong dan semacamnya.

b. Sepatu

Gunakan sepatu yang sopan dan pantas dipakai calon dosen – dosen. Perhatikan peraturan akademi.

c. Perhiasan

Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, mencolok dan mewah.

d. Sikap

  1. Bersikap sopan, rendah hati, dan hormat kepada semua staf di akademi.
  2. Ucapan salam sesuai dengan kebiasaan salam/ peraturan di akademi.
  3. Menyapa mahasiswa dengan sambutan ”anak – anak”.

e. Bahasa

Menggunakan bahasa Indonesia yang baku, benar dan sopan.

14. Setiap praktikan harus mematuhi peraturan, tata tertib akademi/ tempat praktik. Bagi mereka yang tidak mematuhi peraturan tata tertib dikenakan sangsi sebagai berikut:

  • Peringatan sangsi.
  • Penangguhan kegiatan praktik.
  • Pencabutan ijin praktik

Itu tadi sebagai gambaran tentang tata tertib praktik mahasiswa dan petunjuk teknisnya yang bisa kamu pelajari sebagai mahasiswa kesehatan yang akan melakukan praktik lapangan.

Semua tata tertib dan petunjuk teknis yang berlaku adalah yang di buat oleh perguruan tinggi atau masing masing kampus. Karena bisa jadi setiap kampus akan menerapkan tata tertib dan petunjuk teknisnya akan berbeda.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *