Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Simulasi Soal Keperawatan Komunitas Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners)

2 min read

Simulasi Soal Keperawatan Komunitas Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners)

COBA GEH, Simulasi Soal Keperawatan Komunitas. Berikut ini adalah kumpulan Simulasi dan Pembahasan Soal Keperawatan Komunitas Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners).

Pada simulasi soal Ukom Ners Ini fokus pada materi Keperawatan Komunitas, kompetensi soal lebih mengarah ke pelayanan profesional pada masyarakat.

Silahkan simak simulasi soal sekaligus pembahasan soal uji kompetensi ners keperawatan komunitas berikut dengan seksama dan teliti, dengan harapan anda mampu memahami karakter soalnya sehingga bisa memilih jawaban yang benar.

Harap jangan membuka kunci jawaban serta pembahasannya sebelum anda benar benar memilih pilihan jawaban yang menurut anda benar.

Jika sudah mengerti, silahkan dimulai mengerjakan simulasi soal uji kompetensi ners keperawatan komunitas berikut.

Simulasi Soal Keperawatan Komunitas Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners)

Apabila sudah yakin dengan jawab dari keempat simulasi soal diatas, silahkan cocokkan dengan kunci jawaban berikut.

Namun apabila belum yakin dengan jawaban dan ingin mencoba mengganti jawaban silahkan lakukan sebelum melihat kunci jawaban

Soal Pertama

Perawat sedang mengkaji klien atas iritasi mengineal dan menemukan tanda Burdzinksi positif. Manakah hasil temuan observasi perawat tersebut?

  • A. Tangan klien ekstensi dengan lengan pronasi dan kaki planatarfleksi
  • B. Kaki klien fleksi di pinggul dan lutut, serta melaporkan nyeri pada tulang belakang saat kaki ekstensi
  • C. Pinggul dan lutut klien fleksi secara pasif sebagai respons dari fleksi leher, serta melaporkan nyeri pada tulang belakang
  • D. Tangan bagian atas klien fleksi dan memegang erat ke sisi tubuh, dan kaki ekstensi dan diputar kedalam
  • E. Klien secara refleks menekuk lutut setelah dipukul bagian bawah tempurung lututnya dengan palu refleks

Soal Kedua

Perawat pendidik meminta mahasiswa untuk membuat daftar lima kategori pengobatan komplementer dan alternatif (CAM), yang dikembangkan National Center for Complementa and Alternative Medicine. Manakah kalimat, yang akan dituliskan oleh mahasiswa keperawatan, yang mengindikasikan bahwa mereka sudah memahami lima kategori CAM?

  • A. Herbologi, hidroterapi, akupuntur, nutrisi, dan perawatan kiropraktik.
  • B. Pengobatan jiwa-raga, pengobatan tradisional Cina, homeopati, naturopati, dan sentuhan penyembuhan.
  • C. Praktik berbasis biologis, praktik berbasis Fisik, terapi magnetik, terapi pijat, dan aromaterapi.
  • D. Whole medical systems, pengobatan jiwa-raga, praktik berbasis biologis, praktik berbasis fisik dan manipulatif, dan terapi energy.
  • E. Pengobatan tradisional Cina, -ayurveda, akupuntur, homeopati dan hidroterapi.

Soal Ketiga

Seorang klien terdiagnosis asma dan masuk rumah sakit dengan distres pernapasan. Yang manakah jenis suara napas tambahan yang mungkin didengar perawat saat melakukan pengkajian pernapasan pada klien?

  • A. Stridor
  • B. Crackles
  • C. Wheezes
  • D. Suara yang berkurang
  • E. Sonor

Soal Keempat

Bagaimana dengan hasil dari mengerjakan keempat simulasi soal diatas, apakah hasilnya sudah memuaskan atau masih perlu belajar lagi.

Jika masih belum memahami seperti apa bentuk soal dan apa saja penilaian soalnya silahkan baca baca dulu Tinjauan Penilaian dan Bobot Penilaian Pada Uji Kompetensi Ners.

Dengan memahami terlebih dahulu poin penilaiannya semoga menjadi lebih baik pada saat mengerjakan soal UKners.

Pembahasan Simulasi Soal Keperawatan Komunitas Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners)

Berikut ini merupakan pembahasan simulasi soal uji kompetensi ners dari nomor satu hingga nomor empat.

Sebaiknya disimak kembali soal dan jawaban anda kemudian cocokkan dengan kunci jawaban dan pembahasan berikut ini.

Pembahasan Pertama

Jawaban C

Tanda Brudzinski diuji saat klien pada posisi terlentang. Perawat menfleksikan kepala klien (secara perlahan menggerakan kepala ke dada) dan tidak boleh ada keluhan nyeri atau resistensi dari fleksi kepala.

Tanda Brudzinski positif diobservasi jika klien secara pasif rnenfleksikan pinggul dan lutut sebagai respons dari fleksi leher, serta ada keluhan nyeri pada tulang belakang.

Tanda Kernig juga digunakan untuk menilai iritasi meningeal, dinyatakan positif apabila klien menfleksikan kaki pada pinggul dan lutut, serta mengeluhkan nyeri sepanjang tulang belakang saat kaki ekstensi.

Sikap dekortikasi merupakan fleksi yang tidak normal, tampak apabila lengan atas klien fleksi dan memegang erat ke sisi tubuh, serta kaki diekstensikan dan diputar ke dalam.

Sikap deserebrasi merupakan ekstensi tidak normal, tampak apabila tangan diekstensikan secara penuh, pronasi lengan, pergelangan tangan dan jari-iari fleksi, rahang dikatupkan, leher ekstensi, dan kaki plantarfleksi.

Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata penanda ‘tanda Brudzinski positif’. Ingat kembali bahwa tanda positif didapati apabila klien melaporkan nyeri. Ini akan memandu anda untuk menyisihkan pilihan iawaban A dan D.

Selanjutnya perlu diketahui bahwa tanda Brudzinski positif tampak apabila secara pasif klien menfleksikan pinggul dan kaki sebagai respons dari fleksi leher, disertai keluhan nyeri pada tulang belakang.

Pembahasan Kedua

Jawaban D

Lima kategori dalam terapi komplementer dan alternatif (CAM) meliputi whole medical systems, pengobatan jiwa-raga, praktik berbasis biologis, praktik berbasis fisik dan manipulatif, dan terapi energi. Terapi pada pilihan jawaban yang lain merupakan bagian dari lima kategori CAM.

Strategi mengerjakan soal : kata penanda di pertanyaan, ‘lima kategori CAM’. Perhatikan bahwa pertanyaanmeminta kategori bukan terapi, akan membantu anda untuk memilih jawaban yang tepat.

Pembahasan Ketiga

Jawaban C

 

Dari keempat simulasi soal keperawatan komunitas pada Uji Kompetensi Ners (UKOM Ners) diatas, sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasan soal secara jujur ada berapa yang anda jawab benar dan ada berapa yang anda jawab salah.

Akang Putra Belajar dan terus mencari ilmu baru sudah menjadi hobi, menulis hanya sekedar menuangkan ide yang ada dalam benak pikiran. Suka Wisata, Suka Kuliner. Menjadi diri sendiri dalam berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *